Dubes RI Budapest Terima Penghargaan dari Ability Fashion Committee

By Admin

nusakini.com--Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M Wening Esthyprobo menerima penghargaan dari Ability Fashion Committee atas jasa dan upaya serta dukungan penuh dari untuk mensukseskan kegiatan peragaan busana yang melibatkan para penyandang disabilitas. 

Dubes RI juga merupakan satu-satunya Kepala Perwakilan di Hongaria yang ditunjuk sebagai Head of Patronage dalam kegiatan tersebut atau menjadi pelindung bagi kegiatan yang memberdayakan dan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk tampil mengaktualisasikan diri. 

Pemberian penghargaan tersebut telah melalui proses seleksi dan penelitian yang dilakukan oleh the Ability Fashion Commitee terhadap individu atau institusi yang memberikan perhatian dan dukungan terhadap kegiatan the Ability Fashion Show. Ability Fashion sendiri merupakan peragaan busana yang diperagakan oleh individu-individu berkebutuhan khusus. 

Dalam wawancara singkat Dubes RI bersama jurnalis lokal, Dubes RI menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat di Dunia khususnya di Indonesia, bahwa sesungguhnya dengan dukungan yang besar, para penyadangan disabilitas dapat berkaya seperti halnya orang normal. Disampaikan pula oleh Dubes RI, bahwa Indonesia sebagai Anggota Komite Hak Penyandang Disabilitas di PBB memberi perhatian khusus kepada para penyadang disabilitas. 

Ini merupakan penghargaan ketujuh bagi Dubes RI selama masa Jabatannya sebagai Duta Besar RI untuk Hongaria, setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan di bidang Olah Raga, Pendidikan, Sosial Budaya, Literatur dan Seni.(p/ab)