Dubes RI Bertemu Para Mahasiswa Indonesia di Aarhus University

By Admin

nusakini.com--Duta Besar RI Muhammad Ibnu Said, melakukan kunjungan kerja di Aarhus University sekaligus menghadiri proses Persidangan Sdri. Deby Febyani Mahasiswi Indonesia program PostDoc Fakultas Science dan Technology dengan Judul "Cheap Disposible Electrochemical Biosensors for the Detection of Bacteria in the Water" bertempat di Auditorium Universitas Aarhus terletak sekitar 320 Km dari Ibukota Kopenhagen. Rabu (30/5) 

Dalam kunjungan ini Dubes RI juga berkesempatan untuk bertemu dengan Head of Department, mewakili Dekan Science dan Technology, Professor Trolle Rene Linderoth. Dalam pertemuan ini dibahas kemungkinan peningkatan kerjasama pendidikan khususnya bidang Science dan Technology. Prof.Trolle Rene juga berkesempatan menerangkan tentang visi dan misi program iNANO Science. Prof. Trolle juga mengenalkan terobosan baru dari iNANO Science khususnya dalam peningkatan Research dibeberapa bidang unggulan seperti NanoMedicine Research bekerjasama melalui Novo Nordic dengan anggaran mencapai 6 juta DKK atau sekitar 12 Miliar Rupiah, Nanofood Research untuk penguatan mutu pengolahan makanan, selain terdapat juga spesifikasi khusus lainnya seperti Biomedical Nanotechnology, Organic Nanochemistry, Naanobiology dan Jurusan terkait lainnya. 

Sementara itu dalam keterangannya Dubes RI menerangkan sistem pendidikan di Indonesia, Dubes RI juga menyambut baik gagasan Professor Trolle untuk penguatan Research khususnya apabila Indonesia dapat berkontribusi dalam mendukung iNANO Science Program. Dubes RI juga menambahkan bahwa Nanomedicine juga memiliki pengaruh besar utamanya Indonesia dengan iklimnya yang tropikal, Indonesia menawarkan kemungkinan dilakukannya kolaborasi antara iNANO Science dengan beberapa Universitas terkait yang berada di Indonesia. Indonesia ingin mengenalkan berbagai potensi yang terkait seperti Palm Oil, Produk Herbal yang mukin dapat dipadukan dengan program iNANO Center. 

Dalam kesempatan ini Professor Trolle juga berkesempatan untuk berkeliling kampus dan mengenalkan fasilitas yang dimiliki oleh iNANO Center Aarhus University. 

Mengakhiri kunjungan ini Dubes RI juga berkesempatan untuk menemui dan bersilaturahmi dengan sekitar 30 Mahasiswa Indonesia yang berada di kota Aarhus.(p/ab)