Dua Nama Baru Tim Senior Staf Kepresidenan: Syahrul Yasin Limpo Dan Chatib Basri

By Admin


nusakini.com - Jakarta Saat ini tercatat ada 11 nama yang masuk dalam anggota Tim Senior Staf Kepresidenan. Menurut Deputi KSP Eko Sulistyo, tugas mereka adalah memberi masukan kepada Kepala Staf Kepresidenan. 

"Iya benar, (tugasnya) memberikan masukan-masukan kepada Kepala Staf Kepresidenan," kata Deputi KSP Eko Sulistyo, Sabtu (29/12/2018).

Adapun tim itu sudah ada sejak Kepala Staf Kepresidenan dijabat oleh Teten Masduki. Namun nama Chatib Basri dan Syahrul Yasin Limpo baru masuk tim saat ini.

"Kemarin mereka dipanggil Kepala Staf, tidak semua hadir, karena ada beberapa yang berhalangan. Agendanya silaturahmi dan ada semacam pernyataan kesediaan," kata Eko.

Eko menepis anggapan bahwa orang-orang tersebut dipilih berkaitan dengan politik. Pertimbangan pemilihan, kata Eko, murni karena kemampuan mereka.

"Pasti namanya senior advisor akan ditunjuk berdasarkan kemampuan atau kemudian kapasitas dia membidangi keilmuan atau kemudian pengalaman ke pemerintahan. Misal Pak Chatib, dia sumbang saran di bidang makro ekonomi. Pak Yasin Limpo pengalaman di birokrasi, Pak Yasin kan komplet sekali, pernah jadi lurah, bupati, pernah jadi gubernur, dan sebagainya. Pengalaman mereka diperlukan, nggak terkait politik," papar Eko.

Berikut 11 nama yang jadi anggota Tim Senior KSP:

1. Dr Ir Kuntoro Mangkusubroto

2. Andi Wijayanto, SSos, MSc, PhD

3. Dr Muhammad Chatib Basri, SE, MSc

4. Imam Prasodjo, PhD (Universitas Indonesia)

5. Makmur Keliat, PhD (Universitas Indonesia)

6. Rakhmawati Husein, PhD (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) 

7. Drs Yando Zakaria (Lingkar Pembaruan Desa dan Agraria) 

8. Drs Haryadi (Universitas Airlangga) 

9. Dr Ir Edy Priyono, ME

10. Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, Msi, MH 

11. Jonathan Tahir, BSc (Deputy Chairman Mayada Group) (sm/mk)