DPD PRAHIPTI Sulsel Terapi Korban Bencana Palu di Makassar

By Admin


Nusakini.com--Makassar--Dewan Pengurus Daerah Praktisi Hipnosis & Hipnoterapi Indonesia (DPD PRAHIPTI) Sulawesi Selatan kembali mengadakan terapi mental untuk pengungsi korban gempa, tsunami, & likuifaksi yang mengungsi di Kota Makassar,Selasa, (23/10).Di Jl Karunrung Raya No 1, Tidung 10 ini menjadi yang ketiga kalinya,Sebelumnya di Pondok pesantren IMMIM Putra Kota Makassar, dan Posko RS. Pelamonia Makassar.

Di Jalan Karunrung Raya No 1, Tidung 10, terdapat 14 korban yang mengungsi. Hampir sebulan peristiwa itu berlalu, namun kami mendapati mereka masih mengalami trauma yang cukup hebat.

Mulai dari yang setiap ada mangga ataupun benda lain jatuh didekat rumah atau dalam rumah, akan membuat beberapa pengungsi kaget dan kakinya bergetar. Ada juga yang masih sesak nafas ketika mengingat hal tersebut.

Mengingat trauma psikis ini sangat berbahaya pada masa akan datang, seperti tidak tenang, menutup diri, tidak mau ke pantai, mall bahkan gedung tinggi. Parahnya jika ada yang susah tidur, bahkan terkena psikosomatik (penyakit yang diakibatkan oleh pikiran).

Maka dari itu DPD PRAHIPTI SUL-SEL terjun langsung untuk melakukan penanganan trauma mental. Trauma mental ini sangat berbeda dengan, konseling, trauma healing, psikologi support/social. Trauma mental ini relawan langsung melakukan terapi mental kepada korban. Bukan pula hanya mendengarkan penderitaan mereka.Waktu terapi berdurasi 15-35 menit.

“Hari ini kita mendapatkan kemajuan terapi yang luar biasa, Ada pengungsi perempuan Inisial MI, awalnya sakit kepala jika mengingat kejadian tersebut, bahkan jantungnya berdebar-debar. Alhamdulillah, setelah saya terapi, Dari skala trauma 8 (Trauma atau dampaknya sangat mengganggu) turun menjad skala 4, kepalanya menjadi lebih ringan dan sudah lebih tenang. Adapula salah satu pengungsi yang katanya, pada saat terjadi gempa ia terlempar dari rumahnya beberapa meter dan mengalami trauma psikis yang hebat, Setelah diterapi traumanya sisa sedikit” ujar Coach Risman A Sekretaris DPD PRAHIPTI SUL-SEL

“Jika diukur, keberhasilan terapi yang kami gunakan diatas 85% dari 3 posko yang telah kami datangi, Bahkan ada 1 posko, tingkat keberhasilannya diatas 90%, ” tambah Coach Risman.A

Walaupun Relawan yang datang kali ini kurang dari 10 orang, Tapi Alhamdulillah semuanya bisa tertangani dengan sangat baik. Setelah ini DPD PRAHIPTI SUL-SEL akan terus mendatangi beberapa posko di Makassar, Dan setelah semuanya tuntas, Kita berencana untuk terbang ke Palu, menangani korban yang mengalami trauma dan lainnya.

“Kami melakukan ini, untuk merubah paradigma orang-orang tentang hipnotis, bahwa ada juga hipnotis yang baik, yaitu hipnoterapi. Hipnoterapi adalah terapi yang menggunakan hypnosis untuk merubah kebiasaan buruk, depresi, trauma, kecemasan berlebih, pobia, stress, LGBT dll. Hipnotis yang kita gunakan adalah hipnotis yang alamiah, ilmiah, tanpa mantra dan jin, tentu jenis hipnotis yang kita gunakan tidak bisa digunakan untuk tindak kejahatan” tutup Coach Risman.A. (R/Rajendra)