Dorong Tindak Lanjut Kemitraan Strategis, RI-India Gelar FOC ke-5

By Admin


nusakini.com-​Yogyakarta-Indonesia dan India telah gelar pertemuan ke-5 Foreign Office Consultation (FOC), dipimpin bersama oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Duta Besar Desra Percaya, dan Secretary (East) Ministry of External Affairs India, Duta Besar Vijay Thakur Singh. Pertemuan FOC membahas perkembangan kerja sama Kemitraan Strategis Komprehensif RI – India serta sebagai tindak lanjut Joint Statement kedua negara saat kunjungan PM Modi ke Indonesia pada Mei 2018. 

Di bidang ekonomi, kedua pihak sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan guna mencapai target perdagangan USD 50 Milliar pada 2025. Kedua pihak mencatat masih diperlukannya perluasan akses pasar serta pengurangan hambatan perdagangan baik tarif maupun non-tarif, serta penciptaan lingkungan yang menunjang pembangunan dan pertumbuhan. Dalam kaitan tersebut, kedua pihak sepakat untuk bekerja sama di bidang pembangunan infrastruktur 

Dalam rangka mendorong people-to-people contact, kedua negara juga sepakat untuk mendorong kerja sama pembentukan sister city/province antara Indonesia dan India. Selain itu, kedua pihak juga sepakat akan untuk meningkatkan intensitas penerbangan langsung antara kedua negara, mendorong kerja sama pertukaran pelajar dan mahasiswa. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan strategic engagement dengan memanfaatkan momentum perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-India. 

Selain isu-isu bilateral, pertemuan FOC ke-5 juga membahas isu regional diantaranya kerja sama Indo-Pasifik dan kemitraan ASEAN-India. Kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama maritim untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi kawasan Indo-Pasifik. Pihak India juga menyampaikan dukungannya pada perspektif Indo-Pasifik Outlook Indonesia serta kepercayaannya terhadap pentingnya sentralitas dan mekanisme ASEAN dalam dinamika di kawasan Indo-Pasifik. (p/ab)

​​​