Dorong Hilirisasi Pertambangan, BLU tekMIRA Gelar Business Gathering

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Badan Layanan Umum Teknologi Mineral dan Batubara (BLU tekMIRA) Kementerian ESDM menggelar Business Gathering bersama perusahaan pengguna jasa tekMIRA di Bandung, Rabu (4/12). Acara ini dihelat untuk melaksanakan arahan dari Presiden Joko Widodo dan Menteri ESDM Arifin Tasrif terkait hilirisasi batubara. 

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan tekMIRA Hermansyah, mewakili Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar, mengatakan bahwa BLU tekMIRA didorong untuk melakukan hilirisasi batubara dan sedang mempromosikan underground coal gasification (UCG) untuk segera diimplementasikan. Selain itu, BLU tekMIRA juga berorientasi pada peningkatan layanan dalam menerapkan hasil inovasi teknologi mineral dan batubara. 

"Orientasi kami saat ini adalah peningkatan layanan dalam menerapkan hasil-hasil inovasi teknologi mineral dan batubara dalam rangka peningkatan ketahanan energi dan nilai tambah mineral yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dan badan usaha," tambahnya. 

Business gathering ini, lanjut Hermansyah, diharapkan dapat menumbuhkan sinergi yang produktif dan dapat memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan. "Sehingga upaya pemerintah untuk mendorong hilirisasi industri pertambangan minerba dapat segera tercapai," tandas Hermansyah. 

Menurut Hermansyah, business gathering bertema "Mitra Strategis yang Dapat Dipercaya" ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada seluruh mitra dan pengguna jasa yang telah menggunakan dan mendapatkan layanan jasa BLU tekMIRA. Juga sebagai upaya dari BLU tekMIRA untuk mendapatkan masukan atas pelayanan jasa yang telah diberikan untuk memperbaiki dan meningkatan pelayanan jasa kepada pelanggan atau pengguna jasa. 

"Selain itu, acara ini juga sebagai sarana kami dalam meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, di samping sebagai ajang memperkenalkan produk-produk terbaru tekMIRA yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri," ujar Hermansyah. 

Sebagai lembaga penelitian dan pengembangan yang menangani penelitian, pengembangan, perekayasaan, pengkajian dan penerapan teknologi serta pelayanan jasa di bidang mineral dan batubara, tekMIRA menyediakan layanan jasa antara lain layanan jasa pengolahan dan pemanfaatan mineral, layanan jasa pengolahan dan pemanfaatan batubara, layanan jasa pertambangan, dan layanan jasa pengujian laboratorium. (p/ab)