DKI Peringati Bulan K3 Tahun 2019

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di Istora Senayan, Jakarta Pusat. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat fungsional pengawas ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) DKI Jakarta dan Kementerian Ketenagakerjaan RI, pimpinan perusahaan pemerintah dan swasta, perwakilan pekerja, serta serikat pekerja dan buruh.

Bulan K3 Nasional Tahun 2019 mengangkat tema "Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional". 

Adapun sub tema untuk Provinsi DKI Jakarta yakni "Meningkatkan Kemandirian Masyarakat Jakarta Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Guna Mewujudkan Jakarta yang Maju Kotanya Bahagia Warnanya". 

Kepala Dinas Nakertrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan terhadap K3. "Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus menjadi budaya," ujarnya, Selasa (15/1). 

Andri Yansyah menjelaskan, Dinas Nakertrans DKI Jakarta terus meningkatkan peran Pengawas Ketenagakerjaan yang tersebar di DKI Jakarta melalui Unit Reksi Cepat (URC). Tujuannya, agar angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat terus diminimalisir. 

"Kami rutin melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap objek K3 dan melaksanakan sidak pada sektor konstruksi. Selain itu, sosialisasi-sosialisasi terkait K3 juga terus kita gencarkan," tandasnya. 

Untuk diketahui, peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta diisi dengan beragam kegiatan seperti, penyerahan santunan kepada korban kecelakaan kerja, dan penyerahan bantuan alat pelindung diri secara simbolis kepada tiga perusahaan konstruksi. 

Kemudian, juga diadakan bakti sosial di antaranya, pemeriksaan kesehatan pekerja konstruksi, pemeriksaan dan pengujian gratis elevator, pemeriksaan dan pengujian bejana tekanan pada transportasi umum bajaj dan taksi. Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan Budaya K3.(p/ab)