Distribusikan 7 Ton Bantuan Awal, GOJEK PEDULI Bantu Lebih Dari 3.000 Keluarga Korban Banjir Jayapura

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Jayapura--GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia bersama mitra driver turut membantu korban banjir dan longsor di Sentani, Jayapura yang terjadi karena hujan deras dan meningkatnya volume air sejak Sabtu malam (16/3).

GOJEK melalui program GOJEK PEDULI mendistribusikan 7 ton bantuan awal untuk korban banjir dan longsor di Jayapura yang berada 3 wilayah yang terkena dampak, diantaranya berada di Distrik Sentani (Posko Lapangan Auri), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru) dan Distrik Sentani Barat (Sabron Yaru).

Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia GOJEK mengungkapkan, “Bencana banjir dan longsor dan hujan deras yang menimpa saudara-saudara kita di Sentani menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia, termasuk kami. Untuk membantu meringankan beban mereka, kami dari GOJEK mengirimkan bantuan awal cepat tanggap. Selama masa tanggap darurat, GOJEK melalui tim operasional di Jayapura mengirimkan 7 ton paket bantuan. Bantuan tersebut berupa air mineral, makanan siap saji, makanan bayi, selimut terpal dan kebutuhan vital lainnya. 

Sehari setelah kejadian banjir dan longsor pada Minggu pagi (20/3), GOJEK langsung mengerahkan personel untuk mensurvey dan menyiapkan bantuan langsung ke lokasi bencana. Tim terkait terus berupaya untuk mengontak seluruh mitra driver GOJEK di Sentani beserta kerabat untuk mengetahui kondisi terakhir.

Penyerahan bantuan logistik seperti air mineral 100 box, mie instan 100 box, biskuit 25 box, makanan bayi 50 box, pampers 15 box, pembalut 25 box, Terpal 50 lembar, selimut 100 lembar, air bersih 5 tangki, pakaian layak pakai penggalangan dari Komunitas Driver dan obat-obatan. Bantuan transportasi berupa dua unit truk untuk distribusi bantuan ke tiga titik lokasi pengungsian di Distrik Sentani (Posko Lapangan Auri), Distrik Waibu (Kampung Doyo Baru) dan Distrik Sentani Barat (Sabron Yaru). Bantuan berupa Emergency response team untuk karyawan dan mitra driver di Kantor Cabang Jayapura yang siap melakukan pertolongan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Di tempat terpisah Irawadi selaku Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura mengungkapkan “Sejak Sabtu lalu, kami terus berupaya untuk dapat mengakomodir kebutuhan korban bencana yang semakin meluas. Dengan berkontribusinya GOJEK dalam penanganan bencana ini, kami cukup terbantukan baik material dan pendistribusian ke wilayah yang membutuhkan. Dinas Sosial Kota Jayapura dan GOJEK PEDULI akan terus memantau dan berupaya agar bantuan ini dapat diterima kepada korban yang membutuhkan serta dapat mengurangi beban kesedihan korban bencana alam ini.”

Data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jayapura, hingga pukul 14.00 WIT Rabu (20/3), tercatat 5 distrik terdampak bencana. Sebanyak 99 orang meninggal dunia, 93 orang hilang, 159 orang luka-luka dan 11.725 KK terdampak.

Kepedulian Mitra Driver GOJEK Lakukan Penggalangan Dana

Tak hanya datang dari manajemen, kepedulian terhadap korban bencana banjir dan longsor di Sentani juga ditunjukkan oleh para mitra driver GOJEK di Jayapura. Secara bersama-sama, para mitra driver GOJEK menggalang dana. Bahkan, ada beberapa komunitas driver yang turun langsung dengan membantu evakuasi warga, kendaraan dan barang-barang kebutuhan warga lainnya.

“GOJEK selalu bangga dengan para mitra driver kami yang berjiwa sosial tinggi dan memiliki inisiatif untuk membantu dan peduli terhadap sesama, termasuk korban bencana di Sentani. Kami melihat mitra kami selalu sigap tanpa pamrih untuk membantu korban bencana. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi memberikan dampak sosial bagi masyarakat bersama para mitra driver sebagai jantung dari ekosistem kami,” tutup Mula.

Penguna Aplikasi GOJEK Bisa Ikut Berdonasi Menggunakan GO-GIVE

Melalui Kitabisa.com dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam penggalangan dana bagi korban bencana banjir dan longsor di Jayapura. GOJEK mendukung Kitabisa.com dan BAZNAS dalam memfasilitasi pengguna aplikasinya dengan layanan GO-GIVE. Layanan ini melibatkan masyarakat pengguna aplikasi GOJEK untuk berpartisipasi memberikan donasi. 

Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh penguna aplikasi GOJEK adalah dengan membuka layanan GO-GIVE di menu utama aplikasi GOJEK. Secara otomatis layanan ini akan merujuk kepada website resmi Kitabisa.com dimana penggalangan dana dilakukan. Klik Donasi Sekarang, pengguna bisa memilih jumlah yang akan di donasikan, mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 100.000. Pengguna juga diperbolehkan untuk mengisi nominal lebih dari Rp 100.000 atau dengan nominal khusus kelipatan Rp 1000 yang ada pada pilihannya. Selain itu, pengguna dapat menyisipkan pesan yang mendukung program penggalangan dana ini. Sebagai konfirmasi, klik Confirm & Pay serta masukan 6 digit PIN GO-PAY pengguna. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa donasi anda berhasil. Pastikan jumlah saldo GO-PAY yang anda punya sesuai dengan jumlah yang didonasikan.(R/Rajendra)