Dispusip Usung Tema Literasi Hijau

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta akan mengusung tema "Literasi Hijau" untuk sejumlah kegiatan yang diselenggarakan pada Januari 2019.

Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Dispusip DKI Jakarta, Jeje Nurjaman mengatakan, tema tersebut akan diangkat dalam lokakarya, termasuk pada kegiatan mendongeng atau bercerita.

"Tema Literasi Hijau dipilih karena di bulan Januari ada hari Gerakan Satu Juta Pohon serta Hari Gizi dan Makanan Nasional," ujarnya

Menurutnya, akan ada lokakarya berbasis koleksi perpustakaan mengenai urban farming atau pertanian perkotaan hingga wisata literasi dengan tema lingkungan hidup. Untuk itu, Dispusip membuka ruang kerja sama dengan komunitas-komunitas yang tertarik maupun yang memiliki perhatian pada masalah lingkungan.

"Kita ingin banyak aktivitas komunitas yang juga bisa dilakukan di perpustakaan-perpustakaan yang dikelola Dispusip DKI Jakarta," ungkapnya.

Sementara, salah seorang pustakawan Dispusip DKI Jakarta, Gigih Primada Leogusta menuturkan, melalui kegiatan tematis tersebut diharapkan masyarakat menjadi lebih tertarik untuk datang dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

"Perpustakaan bisa menjadi alternatif destinasi rekreasi bagi warga, selain tentunya sebagai tempat menambah ilmu dan wawasan," tandasnya.(pr/kj/al)