Disnakertrans DKI Adakan Selekda Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Seleksi Daerah (Selekda) Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition Ke-XIII di PPKD Jakarta Timur dan Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PKPPI) Pasar Rebo. 

Selekda tersebut berlangsung mulai 25-28 Juni 2019 diikuti sebanyak 70 peserta dari Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) yang ada di lima wilayah, perusahaan, dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta.

Puluhan peserta tersebut berasal dari tujuh jurusan atau bidang keahlian yang masing-masingnya diwakili oleh 10 orang meliptui, Automobile Technology, Cooking, Graphic Design Technology, Refrigeration and Air Conditioning, IT Networks System Administration, Fashion Technology, dan Mechanical Engineering CAD. 

Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, keikutsertaan Indonesia di ajang ASEAN Skills Competition selama ini berhasil meraih prestasi tertinggi. Tahun lalu, pada pelaksanaan di Bangkok, Thailand, Indonesia berhasil meraih 13 emas, enam perak, delapan perunggu. 

"Kita ingin prestasi sebagai juara bisa terus dipertahankan. Untuk itu, kita lakukan seleksi yang berkualitas guna menjaring calon-calon kompetitor terbaik agar kita mampu mempertahankan atau dapat meningkatkan prestasi yang sudah kita capai selama ini," ujarnya, Rabu (26/6). 

Andri menambahkan, pihaknya terus berkomitmen dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan warga DKI Jakarta secara profesional guna menyediakan tenaga kerja yang kompetitif dan berkualitas di dunia kerja. 

"Selain itu, PPKD Provinsi DKI Jakarta juga turut berkontribusi menyumbangkan banyak alumninya untuk menjadi peserta kegiatan seleksi daerah ASC ke-13," terangnya. 

Sementara, Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Sukiyo mengatakan, ASC ke-XIII akan berlangsung di Singapura pada 2020. Selekda ini nantinya akan mencari 21 orang untuk mewakili DKI Jakarta mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) pada 30 Juli 2019. 

"Setelah mengikuti selekda mereka yang terpilih akan mengikuti pembinaan lanjutan di pemustan lain bersama perwakilan dari provinsi lain," tandasnya. 

Untuk diketahui, ASEAN Skills Competition (ASC) merupakan kompetisi keterampilan di lingkup ASEAN yang diselenggarakan dua tahun sekali yaitu pada tahun genap. 

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama pelatihan, mempromosikan pendidikan dan pelatihan vokasi, serta meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja muda di kawasan ASEAN. 

Pra seleksi sendiri diadakan 24 Juli 2019 kemarin dengan jumlah peserta 109 orang yang terdiri dari tujuh kejuruan, kejuruan automobile technology 30 orang, cooking 14 orang, graphic design technology 12 orang, refrigeration and air conditioning 15 orang, IT networks system administrations 12 orang, fashion technology 15 orang, dan mechanical engineering 11 orang.(p/ab)