Diskominfo DIY Pelajari Jakarta Smart City

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengunjungi Unit Pengelola Jakarta Smart City di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempelajari hal-hal berkaitan dengan Jakarta Smart City karena DIY sedang melakukan persiapan menuju smart province.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo DIY, Bayu Februariano Putro mengatakan, pihaknya ingin menimba pengalaman dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang menurutnya sudah lebih dulu menjalankan konsep Kota Pintar dengan berbagai inovasi dan terobosannya.

"Banyak hal yang bisa kita pelajari. Terutama, konsep integrasinya, menyamakan visi agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sebagainya taat kepada komitmen, baik berkaitan dengan sharing dan storing data. Tidak ketinggalan, tentunya berkaitan dengan leadership," ujarnya

Menurutnya, kunjungan tersebut juga menjadi momentum jalinan kerja sama erat sekaligus mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang menuntut setiap daerah maju dalam teknologi informasi dan komunikasi.

"Kami ingin segera menyusun strategi regulasinya. Sehingga, konsep Smart City bisa diaplikasikan dengan baik di DIY," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, melalui Jakarta Smart City, Pemprov DKI telah melakukan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi di semua sektor publik.

"Kami senang bisa berbagi pengalaman. Semoga DIY juga semakin maju dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," tandasnya.(pr/kj/al)