Dipermalukan Everton, Guardiola Kritik Taktik Lawan

By Admin

nusakini.com--Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengkritik taktik bertahan yang diterapkan Ronald Koeman saat timnya kalah 0-4 dari Everton pada laga pekan ke-21 Premier League di Stadion Goodison Park, Senin (16/1) dinihari WIB.

"Kami tampil baik pada babak pertama dan kami membuat sejumlah peluang untuk mencetak gol. Namun, yang terjadi setelahnya kami tidak dapat mencetak gol. Akan tetapi, Everton mampu melakukan itu pada babak pertama," kata Guardiola.

"Pada paruh kedua, Everton kembali mencetak beberapa gol dengan cepat. Itu membuat mental para pemain kami sulit untuk menerimanya. Sulit bagi para pemain karena tentu saja ketika sudah unggul 2-0, Everton bertahan dengan sembilan pemain di area pertahanan," lanjutnya. 

Berdasarkan statistik di situs resmi Premier League, Manchester City memang tampil sangat dominan dengan mencatatkan 70,5 persen penguasaan bola berbanding 29,5 persen milik Everton. 

Selain itu, City juga memiliki lima peluang bersih dari total 13 percobaan, sedangkan Everton melepaskan empat tembakan yang mengarah ke gawang dalam enam kesempatan. 

Meski menguasai jalannya laga, The Citizens takluk 0-4 dari Everton. Keempat gol The Toffees dicetak Romelu Lukaku (34'), Kevin Mirallas (47'), Tom Davies (79'), dan Ademola Lookman (90+5'). 

Hasil negatif ini membuat Manchester City berada di urutan kelima klasemen sementara Premier League dengan 42 poin. Mereka terpaut 10 angka dari Chelsea yang berada di tempat teratas.(b/ab)