Dinsos DKI Optimalkan SKKT Jadi Coworking Space

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta mencanangkan setiap gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) dapat dioptimalkan menjadi coworking space. 

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, dengan adanya coworking space di SKKT, anggota Karang Taruna dapat saling berbagi informasi, lebih aktif, kreatif, dan lebih produktif. Sehingga, dapat muncul ide dan gagasan baru dari pemuda maupun pemudi Karang Taruna.

"Memasuki era industri 4.0, generasi muda dituntut aktif, kreatif dan berinovasi agar memiliki daya saing. Kami telah mencanangkan agar setiap gedung SKKT di DKI Jakarta juga berfungsi sebagai coworking space," ujarnya, Senin (25/3). 

Irmansyah menjelaskan, Dinsos telah menjadikan Gedung SKKT Kelurahan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, sebagai percontohan. Coworking space tersebut menyediakan beragam fasilitas lingkungan kerja yang menawarkan gaya kerja kolaboratif, fleksibel dan mandiri. 

"Tidak menutup kemungkinan para pelaku usaha rintisan seperti startup dapat menemukan investor di situ," terangnya. 

Ia menambahkan, untuk tahap awal akan ada tiga SKKT lainnya yang akan juga difungsikan sebagai coworking space, masing-masing adalah SKKT Cempaka Putih Barat, SKKT Karang Anyar, SKKT Kebon Kosong dan SKKT Kampung Rawa. 

"Kami ingin anggota Karang Taruna menjadi sumber daya yang berkualitas dan mandiri. Bahkan, bisa ikut menciptakan lapangan kerja," tandasnya.(p/ab)