Dinas PUPR Papua Optimis Jembatan Holtekamp – Jayapura Tuntas Akhir Tahun

By Admin

nusakini.com--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provini Papua memastikan proyek pembangunan jembatan Holtekamp-Jayapura bakal rampung pada akhir tahun ini, berkenaan dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang bakal meresmikan penggunaannya pada Desember mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Papua Djuli Mambaya di Jayapura.

Menurut dia, proyek pembangunan jembatan Holtekamp - Jayapura tahun baru-baru ini diputuskan kembali dilanjutkan setelah dilakukan penandatangan kontrak antara Dinas PUPR Provinsi Papua dengan PT.PP (Persero) Tbk selaku pemenang tender. 

“Sehingga dengan adanya penandatangan kontrak kerja ini dengan pihak ketiga maka proyek pembangunan jembatan Holtekamp-Jayapura akan langsung dikerjakan.” 

“Pemenang tender proyek pembangunan jembatan Holtekamp-Jayapura, adalah PT.PP yang segera bekerja usai penandatanganan kontrak ini,” terang dia 

Masih dikatakan, proyek pembangunan jembatan Holtekamp - Jayapura tahun ini merupakan pekerjaan lanjutan dari tahun lalu. Dimana pemenang tender sebelumnya adalah perusahaan yang sama (PT.PP), sehingga dengan demikian terjadi efisiensi dalam pekerjaannya, sebab sebagian material dan peralatan kerja masih standby di lapangan. 

“Sebab kalau yang menang perusahaan lain maka tentu akan ada mobilisasi peralatan dan lainnya. Tentu ini akan menambah biaya lagi. Untungnya pemenang tender adalah perusahaan yang melaksanakan pekerjaan sejak tahun kemarin,” tuturnya. 

Sementara ditanya mengenai nilai alokasi anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut, Djuli mengaku sebesar Rp200 miliar. “Dan yang utama lanjutan pekerjaan ini boleh berjalan karena sudah ada kejelasan dari Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo beberapa waktu lalu,” terangnya. 

Sekedar diketahui panjang jembatan utama Holtekamp – Jayapura mencapai 400 meter dengan jembatan pendekat sepanjang 332 meter, terdiri dari 33 meter jembatan pendekat arah Hamadi dan 299 meter arah Holtekamp. 

Sementara untuk Konsorsium yang melaksanakan pembangunan jembatan ini adalah PT Pembangunan Perumahan (PT.PP), PT Hutama Karya, dan PT Nindya Karya.(rilis/rajendra)