Dinas PM dan PTSP DKI Telah Selenggarakan 1.084 Layanan di Ruang Publik

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) DKI Jakarta telah melaksanakan lebih dari 1.084 layanan di ruang publik dalam periode Januari-17 November 2019. 

Kepala Dinas PM dan PTSP DKI Jakarta, Benni Aguscandra merinci, jumlah kegiatan penyelenggaraan PTSP pada ruang publik di wilayah Jakarta Barat sebanyak 296 kegiatan, Jakarta Pusat 255 kegiatan, Jakarta Timur 229 kegiatan, Jakarta Utara 172 kegiatan, dan Jakarta Selatan mencapai 132 kegiatan. "Sudah meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu," ujarnya, Senin (18/11). 

Benni menjelaskan, layanan pada ruang publik seperti PTSP Goes to Mall merupakan salah satu inovasi layanan yang cukup diminati warga Ibukota dan efektif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki legalitas sebelum melakukan kegiatan usaha, penataan ruang, pembangunan, dan praktik perorangan. 

"PTSP Goes to Mall sudah berjalan selama dua tahun terakhir, sangat diminati oleh warga Ibukota. Terbukti, PTSP Goes To Mall berhasil meraih Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dari KemenPANRB," terangnya.

Menurutnya, dalam perjalanannya, penyelenggaraan PTSP pada ruang publik terus dikembangkan bukan hanya di pusat perbelanjaan atau mal, melainkan juga dilaksanakan di tempat-tempat pusat kegiatan masyarakat lainnya seperti, pusat perkantoran, pasar, rumah sakit, taman, RPTRA, sekolah, kampus hingga Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota yang secara langsung hadir di lingkungan warga.

"Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik juga diselenggarakan rutin pada tempat-tempat tertentu di antarnya, Blok M Square dan Bella Tera Kelapa gading setiap hari Senin sampai Jumat, Lapangan Banteng setiap hari Kamis, TPU Karet Tengsin setiap hari Selasa, dan TPU Malaka setiap hari Senin," ungkapnya.

Ia menambahkan, November ini layanan PTSP Goes To Mall Akhir Pekan dilaksanakan di Summarecon Mal Kelapa Gading pada tanggal 15 sampai 17 November 2019. Kemudian, pada 22-24 November 2019 akan diselenggarakan di AEON Mall Jakarta Garden City.

"Kami ingin warga Jakarta merasakan manfaatnya. Sehingga, harapan warga Jakarta untuk mendapatkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dan prima akan terwujud serta menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia," tandasnya.