Dinas KPKP-Kementan Data Ternak Sapi dan Kerbau di Jakarta

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama dengan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian (Pusdatin Kementan) melaksanakan pendataan ternak sapi dan kerbau di Ibukota. 

Pendataan dilaksanakan mulai 7 Februari hingga 22 Maret 2019 dengan menggunakan Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS).

Kepala Bidang Peternakan Dinas KPKP DKI Jakarta, Sri Hartati mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperbarui data populasi ternak sapi dan kerbau di DKI Jakarta. "Kali terakhir kami melakukan pendataan di tahun 2013," ujarnya, Rabu (13/2). 

Dijelaskan Sri, pendataan dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi peternakan. Kemudian, datanya dikumpulkan dan divalidasi per wilayah selanjutnya diinput ke sistem iSIKHNAS yang ada di Kementan. "Seluruhnya, di lima wilayah kota akan kita data," terangnya. 

Sri menambahkan, data jumlah maupun populasi ternak sapi dan kerbau ini akan menjadi aspek pendukung untuk pengambilan kebijakan, pelayanan kesehatan hewan ternak, serta pengembangan produksi susu serta daging ternak. 

"Populasi itu penting dalam segala hal. Contohnya, untuk menghitung kebutuhan jumlah bantuan vaksin dan obat," tandasnya.(p/ab)