Dinas Kehutanan Targetkan Beli 50 Hektar Lahan RTH Tahun Depan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Dinas Kehutanan DKI Jakarta menargetkan bisa membeli 50 hektar lahan untuk pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada tahun depan.


Alokasi anggaran untuk pembelian lahan tersebut telah diusulkan dalam Rancangan APBD 2018 sebesar Rp 2 triliun.


Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Djafar Muchlisin mengatakan, target pembelian 50 hektar lahan RTH tersebut untuk tiga jenis peruntukan. Masing-masing, RTH taman, hutan kota dan pemakaman.


"Tahun depan kami targetkan bisa membeli lahan hingga 50 hektar," ujarnya


Djafar menjelaskan, anggaran sebesar Rp 2 triliun yang diusulkan untuk pembelian lahan RTH tahun depan lebih besar jika dibandingkan tahun ini. Alokasi anggaran tersebut untuk membebaskan lahan dengan asumsi Rp 5 juta per meter persegi.


"Setiap tahun kita selalu menargetkan pembelian lahan hingga 50 hektar. Namun beberapa kali terbentur dengan ketersediaan lahan yang akan dibeli dan alokasi anggaran," katanya.


Ia menambahkan, sejak lima tahun terakhir, pembelian lahan bisa tercapai 100 persen pada 2015. Meski demikian, pihaknya optimistis pembelian lahan bisa mencapai target pada tahun depan.


"Tahun depan kami ajukan anggaran Rp 2 triliun. Itu untuk RTH taman, hutan kota, dan perluasan makam," tandasnya.(pr/kj/al)