Dinas Gulkarmat Pasang 11 Hidran Mandiri Tahun Ini

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta akan memasang hidran mandiri di 11 lokasi yang tersebar di lima wilayah kota, tahun ini. 

Adapun kesebelas lokasi tersebut yakni, di RW 01 Kelurahan Galur dan RW 10 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat; serta di RW 05 Kelurahan Koja dan RW 012 Kelurahan Pademangan, Jakarta Utara.

Kemudian, di RW 04 Kelurahan Kedoya Utara dan RW 08 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat; serta di RW 02 Kelurahan Cipete Utara dan RW 05 Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Utara. 

Sementara, di Jakarta Timur akan dipasang di tiga lokasi yakni, RW 10 Kelurahan Ciracas, RW 011 Kelurahan Cipinang Besar Utara, dan RW 08 Kelurahan Halim. 

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Subejo mengatakan, mayoritas hidran mandiri akan dipasang di lokasi padat hunian dan secara akses sulit dijangkau armada pemadam. 

"Hidran mandiri itu kita proyeksikan untuk merpercepat penanganan jika terjadi kebakaran," ujarnya, Jumat (22/2). 

Subejo menjelaskan, hidran mandiri dilengkapi dengan komponen pendukungnya seperti, pompa air, sumber air, perpipaan bawah tanah, kotak hidran, selang, dan pipa semprot (nozzle). 

"Semua kelengkapannya kami perhatikan. Nantinya, masyarakat juga akan kita latih untuk mengoperasikan," terangnya. 

Menurutnya, untuk realisasi pemasangan hidran mandiri tersebut saat ini dalam proses menuju lelang dengan nilai anggaran sebesar Rp 26,3 miliar. 

"Kami menargetkan April mendatang sudah bisa dilaksanakan proyek pengerjaan," tandasnya.(p/ab)