Dinas Bina Marga DKI Bakal Tata Trotoar di Sejumlah Ruas Jalan Tahun Ini

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan melakukan penataan trotoar di sejumlah ruas jalan di lima wilayah kota tahun ini. Untuk setiap wilayah telah ditentukan masing-masing dua kawasan. 

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, di wilayah Jakarta Pusat penataan trotoar akan dilakukan di kawasan Senen yang meliputi Jalan Kramat Raya hingga Jalan Senen Raya, serta di kawasan Cikini terdiri dari Jalan Cikini Raya, Jalan Pegangsaan Timur, Jalan Pegangsaan Barat, Jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan Raden Saleh Raya.

Kemudian, untuk Jakarta Selatan di kawasan Kemang dengan lokasi di Jalan Kemang Raya, dan kawasan Kuningan sampai Tebet meliputi Jalan Prof Dr Satrio dan Jalan Casablanca. 

"Penataan trotoar di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan masuk kategori sebagai Kegiatan Strategis Daerah," ujarnya, Selasa (19/3). 

Hari menjelaskan, anggaran untuk penataan trotoar di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan yang masuk dalam Kegiatan Strategis Daerah tersebut sebesar Rp 175 miliar. 

"Itu skala prioritas, seperti yang di Jalan Kemang Raya," terangnya. 

Ia menambahkan, untuk penataan trotoar di tiga wilayah lain rinciannya, Jakarta Utara di kawasan Sunter terdiri dari Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Sunter Jaya, Jalan Sunter Jaya 1, ditambah kawasan Penjaringan di Jalan Jembatan Tiga. 

Selanjutnya, dua lokasi di Jakarta Barat terdapat di kawasan Grogol tepatnya di Jalan Prof Dr Latumenten, dan kawasan Tomang di Jalan Tomang Raya. 

Untuk Jakarta Timur, sambungnya, penataan trotoar akan dilakukan di kawasan Jatinegara yakni, di Jalan Otto Iskandardinata dan kawasan Cililitan di Jalan Mayjen Sutoyo. 

"Anggaran untuk penataan trotoar di Jakarta Utara sebesar Rp 35 miliar. Sementara, di Jakarta Barat dan Jakarta Timur masing-masing Rp 25 miliar," terangnya. 

Menurutnya, melalui penataan tersebut lebar trotoar yang semula sekitar 1,5 meter rencananya akan ditambah menjadi 4 meter. 

"Kami menargetkan, penataan trotoar sudah bisa dimulai Mei mendatang," tandasnya.(p/ab)