Digelar Tahun Depan, Olimpiade Tokyo 2020 Tak Ubah Nama

By Abdi Satria


nusakini.com-Tokyo - Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 dipastikan ditunda dan akan digelar pada tahun depan. Kepastian penundaan Olimpiade 2020 diumumkan Selasa (24/3) oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Penundaan itu tak lepas dari pandemi COVID-19 yang mengguncang dunia. 

Meski mundur hingga tahun depan, pihak Jepang sebagai penyelenggara dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat mempertahankan nama event tetap Olimpiade Tokyo 2020.  

Sesuai jadwal, Olimpiade Tokyo 2020 seharusnya bergulir mulai 24 Juli 2020 hingga 9 Agustus 2020. Namun, penundaan tak terelakkan karena penyebaran virus corona di seluruh dunia malah kian masif.  

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah menyetujui penundaan Olimpiade 2020. Abe mengaku berdiskusi langsung dengan Presiden IOC, Thomas Bach, melalui telepon tentang pengajuan penundaan tersebut.  

IOC juga telah membuat pernyataan resmi. Mereka memastikan obor Olimpiade tetap akan berada di Jepang hingga tahun depan. Adapun nama event tak akan diubah.  

"Para pemimpin sepakat bahwa Olimpiade di Tokyo dapat berdiri sebagai mercusuar harapan bagi dunia pada masa-masa sulit ini dan obor Olimpiade dapat menjadi cahaya di ujung terowongan," tulis IOC melalui pernyataan resminya, seperti dilansir BBC.  (b/ab)