Digelar di Nipah Mall, Pecandu Aksara Kampanyekan Budaya Literasi Lewat Makassar Bersastra

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Komunitas Literasi Makassar, Pecandu Aksara, menggelar event akbar Makassar Bersastra di Nipah Mall, Jalan Urip Sumoharjo, Sabtu hingga Minggu, 18-19 Januari 2020.

Di hari pertama perhelatan akbar tersebut, Sabtu, 18 Januari 2020, panitia pelaksana menggelar beragam lomba literasi seperti, Lomba Baca Puisi, Lomba Resensi Buku, dan Lomba Menulis Blog.

Sebelumnya, event ini telah diselenggarakan sebanyak empat kali oleh Pecandu Aksara di tempat berbeda.

"Yang hari ini kami laksanakan adalah Makassar Bersastra yang kelima kalinya. Sebelumnya kami sudah melaksanakan selama 4 kali kegiatan serupa di tempat berbeda," ujar Ketua Panitia kegiatan, Muso, Sabtu, 18 Januari 2020.

Dalam kegiatan ini, lanjut Muso, selain menampilkan beragam lomba, pihaknya juga menyuguhkan beragam penampilan hiburan seperti, Musikalisasi Puisi, Band Performance, Vocal Akustik, dan Stand Up Comedy.

"Musikalisasi puisi diisi oleh Aksara Merdeka dan Senanr Sunyi. Sementara Band Performace diisi oleh Sanji," ujar Muso.

"Adapun Vokal Akustik diisi oleh Benang Merah sedangkan Stand Up Comedy oleh Briptu Fachry, SUCA 2 Indosiar," tambahnya.

Muso berharap lewat kegiatan ini, budaya literasi semakin hidup di tengah-tengah masyarakat khususnya warga Kota Makassar.

"Semoga kegiatan ini juga dapat menunjukkan eksistensi komunitas literasi di tengah-tengah masyarakat dan menggaungkan budaya literasi untuk masa depan bangsa yang lebih baik," pungkasnya.

Setelah kegiatan di hari pertama, event Makassar Bersastra akan dilanjutkan pada Minggu, 19 Januari 2020 di Nipah Mall Makassar.

Pada hari kedua, panitia penyelenggara akan mengadakan Talkshow Literasi dengan menghadirkan berbagai narasumber yang akan berbicara terkait gerakan literasi di kalangan pemuda diantaranya, H. Syamsu Rizal MI (Wakil Wali Kota Makassar), Andi Muhammad Arham Basmin (Ketua DPD KNPI Sulsel), Ibnu Kuddamah (Ketua Harian IKA Ponpes Darul Aman Gombara), dan Rezky Amalia Syafiin (Duta Baca Sulsel).

Kegiatan ini didukung penuh oleh Nipah Mall dan berbagai pihak diantaranya, PTC Indonesia, Penerbit MIB Indonesia, MJ Education, Forum Lingkar Pena (FLP), Klinik Laksana, Makassar Creative Community Network (MCCN) dan pihak-pihak lainnya.(R/Rajendra)