Di Yogyakarta, Staf Khusus Mentan Sukriansyah Latief Kunjungi Gapoktan Sumber Makmur

By Admin


nusakini.com - Sleman - Staf Khusus Menteri Pertanian, Sukriansyah Latief melakukan kunjungan kerja ke Desa Sumberharjo Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (14/9/2017). Dalam kunjungan ini, Sukriansyah menemui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur untuk mengecek langsung optimalnya bantuan pemerintah.

Ketua Gapoktan Sumber Makmur, Nanang Susilo mengungkapkan kelompok tani yang dipimpinnya sangat merasakan dampak bantuan pemerintah (Kementerian Pertanian) yang sangat meningkatkan produksi pertanian mereka serta kesejahteraan petani. 

“Bantuan pemerintah, baik itu alsintan, subsidi pupuk, subsidi benih maupun penyuluhan sangat dirasakan oleh petani”, ucapnya.

Dengan beranggotakan sekitar 999 orang dan mengelola lahan seluas kurang lebih 500 ha dengan jenis tanaman seperti padi, jagung, kedelai dan holtikulrura, Gapoktan Sumber Makmur memang dinilai cukup berhasil mengangkat kesejahteraan para anggotanya.

Yang menarik dari Gapoktan ini adalah hasil pertanian mereka diolah kembali melalui kelompok wanita tani menjadi berbagai jenis olahan yang bernilai tambah seperti kripik tempe, jenang, rempeyek, kunir asem dan lain-lain.

Selain itu Gapoktan Sumber Makmur juga mendirikan koperasi simpan pinjam dalam bentuk LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Argibisnis).

Ketua LKMA, Wawan Kurniawan mengatakan hingga saat ini koperasi yang dikelolanya telah memiliki aset Rp.1,3 Miliar.

“Semua ini merupakan hasil kerja petani yang untuk kesejahteraan petani”, pungkasnya. (b/mr)