Di Solwezi, Zambia, Duta Besar RI ajak WNI Gunakan Hak Pilihnya

By Admin

nusakini.com--Duta Besar RI untuk Zimbabwe dan Zambia, Stephanus Yuwono, bersama tim PPLN Harare melaksanakan kegiatan pembinaan masyarakat dan sosialisasi pemilu di Kansanshi Mining Company, provinsi North Western Solwezi, Zambia, akhir pekan lalu. Terdapat 135 WNI bekerja di Kansanshi Mining Company yang berprofesi sebagai boiler maker,fitter, welder dan piper. 

Di dalam kata sambutannya, Duta Besar mengajak untuk bangga menjadi warga dari negara yang demokratis dan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2018, di Solwezi, Zambia. 

Tim PPLN Harare menekankan pentingnya validitas data sebagai dasar penetapan jumlah surat suara. Suluruh WNI harus dapat terfasilitasi untuk menyalurkan hak suaranya. 

Lebih lanjut, PPLN Harare juga menghimbau bagi WNI yang namanya belum terdaftar di DPT dan/atau berencana akan mencoblos di Indonesia ketika hari pemungutan suara yang ditetapkan, agar segera melapor ke PPLN Harare untuk dibuatkan surat pengantar pindah TPS. 

WNI yang hadir mengajukan pertanyaan antara lain mengenai partisipasi saksi dalam penghitungan suara di TPS. PPLN Harare akan memfasilitasi WNI yang berkeinginan menjadi saksi secara suka rela untuk penghitungan hasil perolehan suara. Hal tersebut dinilai sebagai proses penting bagi pelaksanaan pemilu yang akuntabel. 

Menurut data KBRI Harare, jumlah WNI di Zambia ada 207 orang. Lebih dari 50% WNI di Zambia bekerja di Kansashi Mining Company. (p/ab)