Di Singapore Botanic Garden, Presiden Jokowi dan PM Lee Tanam Pohon

By Admin


nusakini.com - Mengawali kegiatan pada hari kedua kunjungan kerjanya ke Singapura, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Ibu Ho Ching, di Singapore Botanic Garden, Singapura, Kamis (7/9/2017) pagi.

Tiba sekira pukul 07.45 Waktu Setempat (WS), kedatangan Presiden dan Ibu Iriana disambut langsung oleh PM Lee beserta Ibu Ho Ching. Kedua pemimpin negara ini sempat berswafoto dan menyiram tanaman. Selanjutnya, kedua pemimpin negara menuju lokasi penanaman pohon dengan berjalan kaki.

Setibanya di sana, Presiden Jokowi dan PM Lee langsung menanam pohon Palem Sunda Oak Mempening, Pasang Batu di salah satu sudut yang ada di Singapore Botanic Garden. Sementara kedua Ibu Negara turut menyaksikan prosesi penanaman pohon tersebut.

Kegiatan pagi ini diakhiri dengan jamuan santap pagi bersama yang digelar di restoran yang berada di kawasan itu.

Setelah pertemuan di Singapore Botanic Garden, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan formal dengan PM Lee di Istana Kepresidenan Singapura, pada hari kedua kunjungannya di negara tersebut, Kamis (7/9/2017).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan, ada sejumlah nota kesepahaman antara lain di bidang manajemen penanganan bencana dan bidang pendidikan yang akan ditandatangani dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan PM Lee itu.

“Setidaknya ada empat isu yang akan dibahas, yaitu investasi, pariwisata, energi dan digital ekonomi,” kata Menlu Retno Marsudi, di Singapura, Rabu (6/9/2017) malam.

Setelah melakukan pertemuan formal dengan PM Lee, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan akan menuju area Marina Bay Cruise Center untuk menyaksikan pertunjukan Joint Fly-Past antara TNI dengan Singapore Air Force. Setelah itu, Presiden akan menghadiri Singapore-Indonesia Business Investment Forum di lokasi yang sama. 

“Akan ada acara joint fly-past. Ini adalah acara yang sangat khusus karena Indonesia-Singapura memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara. Jadi acara ini sengaja diadakan untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara,” kata Menlu Retno Marsudi.

Sebelum kembali ke Tanah Air pada sore harinya, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan one-on-one dengan CEO perusahaan terkemuka di Singapura. (p/ma)