Di Medsos, Pilkada 2017 Mulai Diwarnai Isu Provokatif, Mendagri: Saya Minta Polri Tindak Tegas Pelakunya

By Admin

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo 

nusakini.com - Meski baru tahap pendaftaran, namun Pilkada 2017 mulai diwarnai isu dan provokasi lewat status maupun meme di media sosial (medsos).

Fenomena ini membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap agar Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menindak pemilik akun itu.

"Saya mohon kepolisian dan kominfo untuk mengusut dengan tegas siapapun yang menyebarkan lewat medos yang sifatnya provokatif dan menganggu stabilitas daerah. karena pilkada ini harus aman, demokratis," kata Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/9/2016). 

Tjahjo mengatakan isu-isu berbau SARA juga harus ditindak karena Indonesia negara bhineka tunggal ika. Silakan menentukan pilihan mendukung salah satu pasangan calon, namun tidak menyebar isu SARA dan provokatif. 

"Pilkada yang harus kita lawan adalah politik uang dan penyalahgunaan kekuasaan. Dalam tanda petik adalah menghalalkan segala cara termasuk di dalamnya mengembangkan kampanye maupun isu yang sifatnya provokatif yang membahaykan persatuan dan kestauan," tegas Tjahjo. 

Menurutnya, kepolisian termasuk BIN sudah mempunyai data soal akun-akun di media sosial yang provokatif, namun masyarakat juga bisa membuat laporan ke polisi atas keberadaan akun medsos lain yang berpotensi mengganggu stabilitas. 

"Kan ada pengaduan. Kalau kepolisian kalau tidak ada pengaduan tidak bisa. Kalau ada pihak ketiga yang merasa tergangg yang menyinggung perasaan," ujar Tjahjo. (b/mk)