Di Kebumen, Ini yang Dilakukan Duet Mentan dan Mendag

By Admin

Panen bersama di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Foto: Humas kementan) 

nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito menggelar panen jagung bersama di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (7/10/2016).

Panen bersama dilakukan di areal lahan di Desa Ambal Kliwonan Kecamatan Ambal. Selain panen bersama, dilakukan perluasan lahan sehingga 5 ribu hektar di Kabupaten Kebumen untuk tahun 2017. 

Dikegiatan tersebut ,hadir anggota DPR RI, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, dan sejumlah pejabat Provinsi Jawa Tengah dan Kebumen. 

Mentan Amran mengatakan kepada petani akan menaikkan pemberian bantuan bibit jagung. Dia juga memberikan bantuan alat-alat pertanian seperti traktor tangan, mesin pompa air, dan lain-lain. 

Mentan juga memberikan bantuan dua buah traktor kepada dua orang petani Desa Ambal, yakni Kaminah dan Jumirem. Kaminah ditanya Amran mengenai tanaman yang ditanam dan lokasi lahan. 

"Tanam jagung. Sawahnya itu di sebelah sana," kata Kaminah sambil lokasi lahan jagung yang terletak di seberang tempat acara. 

Setelah itu Amran kemudian memberikan bantuan traktor kepada Kaminah. "Ini saya kasih traktor, Bu. Nanti tetangga dipinjami, tapi kuncinya ibu yang pegang," kata Amran kepada Kaminah. 

Setelah melakukan panen bersama, Duet Mentan dan Mendag kemudian blusukan di pasar di Kebumen.

Blusukan dilakukan di Pasar Giwang Retno Kecamatan Sruweng, Kebumen. Di pasar tersebut, Enggartiasto memantau harga-harga sembako seperti gula pasir, beras, daging sapi, ayam, dan komoditas hasil pertanian seperti cabai.(b/mk)