Di ISC 2016, Klub Wajib Beri Saham Ke Suporter

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Ada aturan krusial di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Dimana setiap klub peserta wajib memberikan saham kepada suporternya. Hal itu ditegaskan Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

"Setiap klub harus memberikan saham kepada suporter sebesar lima persen. Ini sudah dilakukan klub-klub Eropa. Suporter juga harus dilibatkan untuk memberikan masukan ke klub. Tanpa suporter, klub akan mati,” ujar Menpora.

Menpora menambahkan selain pembagian saham kepada fans, kenaikan gaji juga bakal diterima wasit.

"Wasit juga akan dituntut lebih baik, karena mereka mendapat gaji Rp15 juta per pertandingan. Jika tidak fair memimpin pertandingan, mereka bisa dikeluarkan, dan bahkan bisa berurusan dengan polisi,” tambah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Disisi lain, Menpora memberi apresiasi aturan soal pelanggaran tunggakan gaji oleh klub kepada pemainnya.

“Jika klub terlambat membayar gaji pemain, klub mendapat pengurangan poin di bulan pertama. Panitia minta pengurangan satu poin, tapi saya inginnya dua poin. Jika masih terlambat di bulan ketiga, klub akan dikeluarkan dari kompetisi.”

Menpora pun menyatakan ISC akan berbeda dibandingkan liga-liga sebelumnya. "Yang jelas pelaksanaannya akan lebih transparan, karena ada tim auditor independen. Ini bagian dari reformasi sepakbola. Harapannya, masyarakat bola nantinya disuguhi pertandingan berkualitas.” (ab)