Di Indramayu, Cadangan Migas Baru Berhasil Ditemukan Pertamina EP

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, berhasil menemukan cadangan minyak dan gas, serta kondensat.

Penemuan cadangan migas tersebut berada di area Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Jawa Barat, melalui pemboran sumur eksplorasi Akasia Maju - 001 (AMJ-001). Sumur AMJ-001 terletak di Desa Bulak Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Sumur mulai dilakukan pada 20 Maret 2018 dan selesai pada 20 Agustus 2018. Sumur dibor hingga mencapai kedalaman 2.517 meter.

Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein mengatakan uji produksi berhasil mengalirkan hidrokarbon, baik minyak maupun gas. Salah satu uji produksi bahkan mampu mengalirkan minyak hingga 1.700 BOPD.

Sementara, hasil uji produksi lainnya menghasilkan gas dan kondensat. "Alhamdulillah segala upaya yang telah dilaksanakan sudah mulai memberikan hasil yang positif, kami meyakini dengan sinergi serta kerja keras dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian produksi nasional," ujar Achmad melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/8).

Menurutnya, penemuan ini menjadi angin segar bagi perusahaan, sekaligus membuka peluang eksplorasi yang masih potensial di area yang sudah dalam tahapan matang secara produksi.

Pertamina EP, kata Achmad, akan terus mengevaluasi struktur temuan serta memulai studi untuk mempercepat temuan ini ke tahap pengembangan. (p/ma)