Dewan Minta Kelestarian Biota Laut di Kepulauan Seribu Lebih Diperhatikan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) untuk memperhatikan kelestarian biota laut di Kepulauan Seribu. 

Ketua komisi B DPRD DKI, Yusriah Dzzinun mengatakan, Disparbud dan Dinas KPKP bisa merangkul nelayan dan wisatawan dengan memberikan pembekalan tentang perlunya menjaga kelestarian biota laut. 

"Nelayan juga perlu diberi semacam pembekalan, itu tugasnya dinas KPKP. Mereka harus memberikan pengertian dan pengetahuan kepada nelayan, untuk rawat biota laut," ujar Yusriah

Dia juga menyarankan agar Pemprov DKI memberikan area atau pulau tersendiri untuk pengembangan biota laut termasuk terumbu karang di Kepulauan Seribu.

"Mungkin ada space sendiri untuk mengembangkan biota laut yang tak boleh diganggu," tukasnya. 

Anggota Komisi B, Endah Setia Dewi Pradjoko menambahkan, untuk mensosialisasikan tentang manfaat keberadaan biota laut, Disparbud perlu mengembangkan program ekowisata yang dapat meningkatkan kesadaran lingkungan pada warga dan wisawatan. 

"Ekowisata perlu untuk memberikan pendidikan kepada penduduk setempat. Salah satunya juga untuk menjaga kelestarian. Selain itu harus ada rambu-rambu agar para wisatawan tidak menyentuh terumbu karang," tutup Endah.(pr/kj/al)