Dermaga Coastal Shipping dan Multipurpose Ditarget Beroperasi di 2019

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Perseroan Terbatas Kawasan Berikat Nusantara (PT KBN) menargetkan dermaga coastal shipping multipurpose di Marunda, Jakarta Utara, sudah dapat beroperasi di tahun 2019.


Direktur Utama PT KBN, Muhammad Sattar Taba menuturkan, pembangunan dermaga direncanakan sudah bisa dimulai pada Desember 2017. Dermaga ini dibangun di area seluas 1.200 meter persegi dengan kedalaman alur laut hingga delapan meter.


"Anggaran pembangunan dermaga mencapai Rp 1,3 triliun," kata Sattar.


Dijelaskannya, beroperasinya dermaga diproyeksikan untuk mengurangi waktu bongkar muat barang hingga keluar pelabuhan (dwelling time) dan menurukan biaya operasional.


"Jadi, nantinya proses bongkar muat bisa dilakukan di sini. Tidak hanya mengandalkan Pelabuhan Tanjung Priok," terangnya.


Ia menambahkan, pengoperasian dermaga di Marunda juga bisa berdampak positif terhadap pertambahan serapan tenaga kerja serta perekonomian warga sekitar.


"Pembangunan dermaga ini akan memberikan tambahan deviden bagi Pemprov DKI sesuai kepemilikan saham yang mencapai 26,85 persen," tandasnya.(pr/kj/al)