Derbi Manchester di Stadion Etihad Berakhir Tanpa Gol

By Admin

nusakini.com--Manchester City bermain tanpa gol melawan Manchester United pada pertandingan Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Jumat  (28/4). Laga itu diwarnai kartu merah Marouane Fellaini pada babak kedua. 

Hasil itu tidak mengubah posisi kedua tim. Manchester City tetap menduduki peringkat keempat dengan raihan 65 poin dari 33 laga, sementara Manchester United menghuni posisi kelima dengan selisih satu poin.

Manchester City tampil dengan skuat terbaik. Sergio Aguero menjadi striker tunggal yang ditopang trio Kevin de Bruyne, Raheem Sterling, serta Leroy Sane. 

Adapun kubu Manchester United kehilangan beberapa inti, seperti Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba. Tanpa kedua pemain itu, manajer Jose Mourinho memasang trio lini depan Anthony Martial, Henrikh Mkhitaryan, dan Marcus Rashford. Sementara itu, lini tengah diisi Fellaini, Michael Carrick, dan Ander Herrera. 

Kedua tim silih berganti melancarkan serangan pada awal babak pertama meski Manchester City lebih banyak mendominasi laga. Peluang pertama diciptakan Manchester City melalui Aguero pada menit ke-9. Namun, tembakan Aguero dari jarak dekat hanya membentur tiang gawang Manchester United. 

Pada menit ke-21, giliran De Bruyne melepaskan tembakan ke arah gawang David de Gea. Akan tetapi, tembakan De Bruyne masih lemah sehingga mudah dipatahkan kiper asal Spanyol itu. 

Manchester United baru menciptakan peluang pertama memasuki menit ke-25. Kesalahan kiper Claudio Bravo mengantisipasi umpan silang Martial membuat bola bergulir liar di depan gawang Manchester City. Beruntung, tembakan Mkhitaryan bisa dimentahkan Bravo. 

Memasuki setengah jam pertandingan, Aguero menciptakan dua kesempatan emas mencetak gol masing-masing pada menit ke-32 dan ke-34. Namun, dua peluang itu sirna karena penyelamatan De Gea dan satu tembakannya melayang di udara. 

Kedua tim tetap menjaga gawangnya masing-masing tidak kebobolan. Babak pertama berakhir tanpa gol. 

Pada babak kedua, Manchester City semakin mendominasi permainan. Memasuki menit ke-57, De Bruyne melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis De Gea. 

Memasuki menit ke-71, giliran Sterling mengancam gawang Manchester United. Lagi-lagi, De Gea tampil sebagai tembok kukuh karena mengamankan tembakan kaki kiri Sterling. 

Pada menit ke-79, Manchester City harus kehilangan kiper Bravo yang mengalami cedera betis. Posisi Bravo pun digantikan Willy Caballero. 

Pada saat bersamaan, Jesus Navas bermain menukar posisi Leroy Sane. Sementara itu, Manchester United juga melakukan pergantian pemain pertama dengan memainkan Jesse Lingard yang mengisi posisi Martial pada menit ke-79. 

Panasnya pertandingan memuncak ketika Fellaini menerima kartu merah pada menit ke-84. Gelandang asal Belgia itu dianggap wasit Martin Atkinson menanduk Aguero setelah sempat melakukan pelanggaran. 

Kehilangan satu pemain, Mourinho mengubah komposisi pemain. Timothy Fosu-Mensah bermain untuk menggantikan Mkhitaryan. Pada saat yang sama, Gabriel Jesus tampil untuk kali pertama sejak 13 Februari 2017, setelah pulih dari cedera. 

Memasuki injury time, Gabriel Jesus sebenarnya bisa mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan umpan Aguero. Namun, gol itu dianulir karena Gabriel Jesus dianggap berada dalam posisi offside. 

Meski unggul jumlah pemain, Manchester City gagal mencetak gol ke gawang Manchester United. Laga derbi itu pun berakhir tanpa pemenang.(b/ab)