Demi Keamanan dan Keselamatan, 100 Masinis PT KCJ Jalani Tes Urine

By Admin

nusakini.com-- Sebanyak 100 masinis KRL Jalani tes urine untuk menyukseskan angkutan Lebaran 2016. Hal ini dilakukan Unit Kesehatan PT KCJ bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta. Pelaksanaan tes urine dilakukan selama 2 (dua) hari, yakni 1-2 Juli 2016, di empat UPT Kru KA yaitu Bogor, Depok, Manggarai, dan Bekasi. Menggunakan alat Rapid Test, hasil dari tes urine bisa diketahui saat itu juga. 

"Kami menargetkan 100 awak KA bisa melakukan tes tersebut secara random", ujar dr. Dani Sadikin Gantana, Manager Kesehatan PT KCJ, Sabtu (2/7/2016) Menurut VP Komunikasi perusahan, Eva Chairunisa, dari 100 masinis KRL yang melakukan tes urine, didapati hasil semuanya negatif sehingga bisa melaksanakan tugasnya masing-masing. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi DKI Jakarta Safari Partodiharjo mengatakan, program ini merupakan tindak lanjut atas MoU antara BNN dengan Kementerian Perhubungan yang mewajibkan seluruh awak di sektor transportasi melaksanakan test narkoba pada musim angkutan Lebaran 2016. 

Tes urine ini merupakan program rutin yang kerap dilakukan PT KCJ bersama BNN yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Program tersebut merupakan salah satu langkah PT KCJ dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan dari sisi kualifikasi awak kereta yang bertugas mengoperasikan KRL.(p/ab)