Dekatkan Diri Kepada Allah SWT, P3E Suma Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Dalam rangkaian Hari Raya Idul Adha Tahun 1440 H/ 2019 M, Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, yang beralamat di Jalan P. Kemerdekaan Km. 17 Makassar, Senin (12/8/2019), melaksanakan acara penyembelihan Hewan Qurban yang dilaksanakan di halaman belakang kantor.

Penyembelihan hewan qurban disaksikan Kepala P3E Suma, Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si, sebelum memulai prosesi penyembelihan hewan Qurban mengungkapkan, "Kali ini kurban sebenarnya selama ini sering diasosiasikan dengan kurban atau berkorban, nah sebenarnya itu tidak terlalu tepat meskipun saya tidak bisa katakan itu salah tapi kurban itu dari kata qurban atau qarib, qarib atau karib itu dekat sebenarnya inti dari korban adalah kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memberi ke orang lain."

"sebenarnya lebih ke memberi kepada diri sendiri jadi marilah kita lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah lewat berbagi kepada orang lain karena itu qurban berasal dari qarib, artinya dekat-dekat aja kalau dalam bahasa Indonesia Sahabat." Tandas Kepala P3E Suma kepada Media. Senin (12/8/2019).

Dikatakan Faizal Muis selaku Ketua pelaksana Qurban Kantor P3E Suma, "Moment perayaan Idul Adha tahun 2019 masehi atau 1440 Hijriah, Kantor P3E Sulawesi dan Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga turut melakukan pemotongan hewan qurban pada sehari setelah lebaran kita akan melaksanakan pemotongan hewan Qurban yang terdiri dari 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing, mudah-mudahan apa yang kita laksanakan sebagai salah satu perintah agama."

"kita dapat diridhoi oleh Allah SWT dan kita mendapatkan pahala." sebutnya. 

 "Makna yang tersirat dari kurban ini sebenarnya kita bagaimana meneladani kehidupan Nabi Allah Ibrahim beserta Anaknya Nabi Ismail di mana contoh keteguhan dan ketabahan di dalam menjalankan perintah Allah SWT itu yang bisa menjadi suri teladan bagi kita semua di era kehidupan informasi yang begitu cepat. Keteladanan Nabi Ibrahim menjadi contoh suri tauladan itu yang kita perlu ketahui." Terang Faisal Muis.

Berdasarkan kisah tersebut, kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku melaksanakan ritual penyembelihan hewan qurban sebanyak 4 ekor, dengan rincian, 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing, semua hewan qurban tersebut dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Perayaan Idul Adha memiliki makna perjalanan keimanan seorang hamba dalam menunaikan perintah Allah. Nabi Ibrahim rela mengurbankan anaknya demi melaksanakan perintah Allah. Peristiwa ini merupakan hikmah yang mendalam.(R/Rajendra)