Darmin: Standar Kompetensi Penting Bagi Lembaga Kepelatihan

By Admin

nusakini.com--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menekankan pentingnya standar kompetensi bagi lembaga pelatihan tenaga kerja agar sektor industri tidak kesulitan dalam mencari sumber daya manusia yang berkualitas.

Darmin mengatakan Indonesia tidak dapat mengandalkan pendidikan formal untuk mencari tenaga kerja berkualitas, namun juga membutuhkan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi yang sesuai kebutuhan industri.

"Perlu aturan main tentang siapa yang harus ikut andil, supaya standar kompetensi itu bisa segera disusun," kata Darmin seusai memimpin rapat koordinasi membahas pelatihan ketenagakerjaan di Jakarta, Rabu (11/5)

Untuk itu, tambah Darmin, asosiasi industri maupun asosiasi profesi harus mengambil inisiatif dalam menyusun standar kompetensi, yang nantinya bisa diajukan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk dibakukan, jika disetujui. 

Secara kelembagaan, BNSP bisa menjadi regulator dalam menetapkan standar kompetensi, apalagi standar yang ada bagi para pegawai perlu lebih ditingkatkan.  

Kepala BNSP Sumarna Abdurahman yang ikut dalam rapat koordinasi tersebut menyatakan pihaknya sedang mendorong agar setiap lembaga pelatihan nantinya berbasis standar kompetensi. p/(ab)