DAMRI Turut Bersinergi Meningkatkan Kunjungan Turis ke Destinasi Wisata

By Admin


nusakini.com - Yogyakarta - Perum DAMRI menanda-tangani MoU untuk mengangkat sektor pariwisata di Yogya, Solo, dan Semarang (Joglosemar). MoU ini bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan luar negeri ke ketiga kota ini.

Menteri BUMN Rini Soemarno di Yogyakarta, Rabu (27/4/2016) mengatakan, BUMN di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sesuai dengan amanah UU, akan bersinergi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, sesuai dengan core business masing-masing BUMN.

Lanjut Rini, setiap BUMN nantinya akan menjadi bagian dari program ini, baik pengelola destinasi wisata ataupun pengelola dan pendukung aksesbilitas/konektivitas. BUMN yang memiliki destinasi wisata diantaranya PT TWC, PT PTP IX, PT Perhutani dan PT KAI. Sementara BUMN yang memiliki lini bisnis konektivitas di antaranya DAMRI, Garuda Indonesia, Citilink, PT KAI, PT Pelni, PT Pelindo dan PT Angkasa Pura I.

Adapun DAMRI nantinya, jelas Rini, akan memaksimalkan perannya dalam mengelola dan mendatangkan wisatawan mancanegara, membuat jalur yang mampu menghubungkan destinasi-destinasi milik BUMN dengan mengoptimalkan potensi yang ada dan memberi fasilitas khusus bagi wisatawan mancanegara yang datang ke wilayah ini.

Dengan kerja sama ini, lanjut Rini, bisa mencapai target wisatawan mancanegara yang ditetapkan pemerintah, yaitu sebanyak 2 juta pengunjung di tahun 2019 mendatang dari estimasi sekarang baru sekitar 750 ribu wisatawan mancanegara.

Acara ini dihadiri Menteri BUMN, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, PLT Direktur Utama Perum DAMRI Sarmadi Usman dan beberapa Direksi BUMN. (if/mk)