Copa America 2019: Kolombia ke 8 Besar dengan Status Juara Grup B

By Abdi Satria


nusakini.com-Brasilia- Kolombia ke 8 Besar America 2019 dengan status sebagai juara Grup B. Mereka menyandang predikat itu setelah mengalahkan Paraguay 1-0, Senin (24/6) dinihari WIB.

Sebaliknya, bagi Paraguay, hasil ini membuat Paraguay bergantung pada hasil Ekuador versus Jepang di partai pamungkas Grup C untuk mendapat tiket sebagai peringkat tiga terbaik.

Berlaga di Arena Fonte Nova, Kolombia dan Paraguay sebenarnya tampil cukup seimbang pada awal laga. Hanya saja, Kolombia yang lebih efektif. 

Mereka mampu mencuri gol lebih dulu di menit 31 lewat torehan Gustavo Cuellar. Sepakan Cuellar mampu mengecoh kiper Paraguay, Roberto Fernandez. Gol tersebut membuat semangat juang Paraguay meningkat. 

Berbagai peluang mereka ciptakan di sisa waktu babak pertama. Sayangnya, tak ada gol penyeimbang yang muncul. Paraguay tertinggal, 0-1. 

Paruh kedua, Paraguay makin berani. Mereka mencoba menekan Kolombia dan mengambil kendali permainan. 

Terbukti, mereka dominan dalam penguasaan bola dengan persentase 60 persen. Banyak pula peluang yang mereka ciptakan. Sayangnya, tak ada gol tercipta hingga akhir laga. Paraguay pun kalah, 0-1. (v/ab)