China-Indonesia Perkuat Kerjasama Dagang CPO

By Admin


nusakini.com - Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud mengakui, adanya minat dari investor China dalam bisnis kelapa sawit tersebut. "Ada pertemuan dengan investor China yang tertarik bisnis kelapa sawit," ujarnya seperti dilansir Kontan.com belum lama ini.

Namun, Musdalifah masih enggan menjelaskan lebih detail hasil pertemuan tersebut. Asal tahu saja, delegasi China dan sejumlah perusahaan kelapa sawit menggelar pertemuan tertutup pada Selasa (22/11/2016) lalu. Inti dari pertemuan ini adalah pertajam soal hasrat investor negeri tirai bambu untuk masuk bisnis kelapa sawit di Indonesia yang telah muncul sejak tahun 2013 silam.

Namun, rencana ini perlahan-lahan mulai tenggelam karena pemerintah mengeluarkan kebijakan moratorium izin perluasan lahan kelapa sawit serta turunnya harga kelapa sawit global dalam dua tahun terakhir pada level harga rata-rata US$ 600 per metrik ton.

Nah, rencana ini kembali mengemuka tahun ini menyusul kembali terdongkraknya harga minyak sawit global. Selain itu, ada data yang menyatakan bahwa CPO mulai kembali bersinar di China. Buktinya, tahun 2015 lalu, ekspor CPO Indonesia ke China berhasil menembus 3,99 juta ton atau naik 64,19% ketimbang ekspor di tahun 2014 yang hanya 2,43 juta ton. (p/mk)