CEO AC Milan Jadikan Juventus Sebagai Klub Percontohan

By Admin


nusakini.com - Marco Fassone selaku CEO AC Milan mengakui bahwa Juventus layak menjadi klub percontohan bagi semua tim yang ada di Italia.

Juventus sukses mendominasi Serie A selama tujuh musim terakhir, dengan sukses meraih Scudetto secara beruntun yang merupakan rekor tersendiri.

Kesuksesan besar tersebut tak lepas dari manajemen Bianconeri yang cerdas dalam mengelola finansial tim, termasuk menjadikan klub sebagai yang pertama punya stadion pribadi.

Menurut Fassone, pengelolaan klub seperti Juventus yang seharusnya ditiru karena itu berhasil membuat mereka melejit meninggalkan para rival domestik.

"Selama bertahun-tahun, Milan dan Inter [Milan] selalu terhubung dengan dua keluarga besar," sebut Fassone seperti dilansir Football Italia.

"[Silvio] Berlusconi selama 31 tahun dan [Massimo] Moratti untuk jangka waktu yang sama, membentuk model kesuksesan yang menjadi ciri khas kedua klub selama ini, belum lagi Juventus."

"Model [pengelolaan klub] 'keluarga' ini tak lagi eksis, baik kedua klub Milan dan Roma sudah memiliki investor asing, Inter bahkan melakukannya dua kali."

"Berlusconi dan Moratti punya periode keberhasilan, bahkan ketika pilihan ekonomi dan finansial mereka sama-sama dipertanyakan," lanjutnya.

"Sejak 2013, baik Milan maupun Inter menemukan cara baru untuk melakukan bisnis dan ini membutuhkan waktu. Inter adalah cermin bagi kami, dalam lima tahun mereka sudah melakukan segalanya dan kembali menjadi kompetitif."

"Kami tertinggal jika dibandingkan dengan Juventus, kami perlu mengambil petunjuk dari mereka dan mengintegrasikannya ke dalam sistem sepakbola secara keseluruhan, bukan hanya satu klub."

"Tujuh Scudetto secara beruntun adalah hasil yang luar biasa bagi Juventus, meskipun itu kurang bagus untuk atmosfer persaingan di sepakbola Italia."

"Dengan menyesal saya katakan Inter dan Milan hampir dua kali lipat tertinggal dari Juventus dan menjembatani kesenjangan tersebut tak akan mudah. Saya ulangi, kami akan mencoba untuk meniru mereka." (fft/om)