Cegah Penyakit Rabies, Inilah Yang Dilakukan Babinsa Koramil Borong

By Admin


nusakini.com--Komda--Babinsa Koramil 1612-04/Borong, Kodim 1612/Manggarai Serda Nikson dan Serda Florianus A. melaksanakan pendampingan tim dari Puskesmas Kota Komba kegiatan VAR (Vaksinasi Anjing Rabies). Kegiatan vaksinasi ini, merupakan upaya Pemda Manggarai Timur mencegah adanya penyakit rabies yang biasanya ditularkan oleh hewan anjing.

Di tempat berbeda, Kabid Keswan dan Kesmavet Dispertan Manggarai Timur, menjelaskan, pihaknya sebelumnya melakukan pendataan terhadap anjing yang ada di Wilayah Kota Komba dan Borong. Kaitannya dengan pencegahan terhadap penyakit menular terutama rabies. Selama ini anjing memang menjadi salah satu hewan penular rabies (HPR) selain kucing dan juga kera. Kegiatan ini, juga untuk pencegahan penyakit menular dan Zoonosa.

Usai melakukan vaksinasi, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para pemilik anjing. Ini ditujukan agar warga khususnya para pemilik anjing agar melakukan pemeliharaan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai, anjing peliharaan tersebut justru diliarkan dan akan mengganggu warga lainnya.(r/rajendra)