Cak Nun Ajak Ribuan ASN Kemenag Shalawat Nariyah

By Admin

nusakini.com--Emha Ainun Najib alias Cak Nun di malam puncak Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk menyenandungkan Shalawat Nariyah. Sebelumnya, Cak Nun mengapresiasi tema HAB 72 "Tebarkan Kedamaian". Menurutnya, Islam yang rahmatan lil alamin itu damai dan tidak akan menyakiti agama lain. 

“Rahmatan Lil Alamin itu yang menebar kedamaian sesuai dengan tema HAB ke-72 yakni Tebarkan Kedamaian,” kata Cak Nun mengawali tausiyahnya di hadapan ribuan keluarga besa Kemenag di Halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta Kamis malam (11/01). Mengenakan baju dan kopiah putih, Cak Nun selanjutnya menjelaskan tentang sejarah shalawat Nariyah di Madinah dan di berbagai negara. Budayawan yang dikenal sufiistik ini mengajak segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk bersama-sama membaca Shalawat Nariyah yang diringi musik Islami grup KiaiKanjeng dari Yogyakarta. 

Menurut Cak Nun, Shalawat jenis ini banyak tersebar dan diamalkan di kalangan kaum muslimin. “Bahkan ada berkeyakinan, siapa yang membacanya 4444 kali, hajatnya akan terpenuhi atau akan dihilangkan kesulitan yang dialaminya,” ujar Cak Nun. 

Lewat lantunan Sholawat Nariyah, segenap keluarga besar Kementerian Agama diajak untuk mendoakan keselamatan bangsa. 

Usai lantunan Sholawat Nariyah, Cak Nun meminta sang istri Novia Kolapaking memimpin Shalawat Badar yang diselingi dengan lagu berjudul Keluarga Cemara. Berikut lirik lagunya: 

Harta yang paling berharga adalah keluarga 

Istana yang paling indah adalah keluarga

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga

Mutiara tiada tara adalah keluarga

Selamat pagi Emak

Selamat pagi Abah

Mentari hari ini berseri indah

Terima kasih Emak

Terima kasih Abah

Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti

Usai Novia Kolapaking melantunkan Shalawat dan tembang Keluarga Cemara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberi kata sambutan lewat secarik tulisan di atas kertas yang dipegangnya. 

Kata sambutan itu diberi judul oleh Menag “Wajah Agama Kita adalah Wajah Kita”. Menurut Menag malam ini menjadi sebuah forum kenduri cinta . 

“Keluarga besar Kemenag patut bersyukur, malam ini adalah malam berbahagian, karena kita menjadi bagian dari pelayanan umat. Sebaik-baiknya pengabdian manusia adalah pelayan dari manusia itu sendiri,” kata Menag. 

“Menghadirkan Emha Ainun Najib di malam puncak HAB ini bukanlah sesuatu yang mudah. Alhamdulillah malam ini hadir dan kita bisa berkumpul dan bersama-sama dengan wajah-wajah Indonesia. Pesan saya fokuslah dengan wajah kita sendiri,” sambung Menag. (p/ab)