nusakini.com - Jakarta - Bus Transjakarta di koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas) dan 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) dipasangi stiker aneka satwa. Hal ini merupakan upaya PT Transjakarta membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam promosi tempat wisata di Ibukota.

"Untuk tahap awal sebanyak 10 unit bus Transjakarta telah didesain gambar satwa, dan saat ini sudah ada 2 unit bus yang berstiker satwa beroperasi di koridor 6 dan 7," ujar Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta

Dikatakan Budi, pemasangan stiker satwa tersebut terinspirasi dari model transportasi umum yang melayani kegiatan wisata di luar negeri. Ornamen di angkutan umum semacam ini juga diyakini dapat meningkatkan nilai-nilai interaksi. Selain berperan aktif meningkatkan wisata di DKI, Transjakarta juga berkomitmen untuk menampilkan karya-karya anak bangsa, seperti stiker satwa ini.

"Selain kedua tempat wisata itu, kami juga rencananya akan melakukan pengembangan ke tempat-tempat wisata lain, seperti Kota Tua dan tempat wisata lainnya," katanya.

Ia menambahkan, pemasangan stiker satwa ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh pihaknya. Sebelumnya sejumlah bus Transjakarta ini juga telah didesain dengan nuansa klasik (vintage) maupun Asian Games 2018.

"Saya optimistis, bus Transjakarta yang berstiker satwa semacam ini dapat memberikan daya tarik sekaligus dapat meningkatkan jumlah pengunjung di kedua tempat wisata tersebut," tandasnya.(pr/kj/al)