Bus dan Trem Kota Milan Promosikan Indonesia di Italia

By Admin

nusakini.com--Salah satu strategi promosi Indonesia di Italia yang patut diacungi jempol adalah promosi komoditi unggulan dan pariwisata Indonesia pada kendaraan umum seperti bus dan trem di kota Milan, Italia.

"Pemilihan kota Milan merupakan pilihan yang tepat, karena kota Milan merupakan pusat rujukan mode dan kota bisnis di Italia," ungkap Duta Besar RI Roma, August Parengkuan, pada saat pengguntingan pita peresmian promosi Indonesia pada Trem dan Bus di kota Milan akhir pekan lalu.

Menurutnya, promosi tersebut tidak hanya akan mempromosikan berbagai produk unggulan dan berbagai pariwisata Indonesia di Italia, tetapi juga akan dapat mendorong semakin banyaknya investor Italia untuk berinvestasi di Indonesia. 

Agung Pramudya selaku Ketua Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Milan menerangkan bahwa promosi Indonesia tersebut akan berlangsung selama 6 (enam) bulan ke depan dengan menampilkan berbagai produk unggulan pertanian Indonesia seperti kelapa sawit, kopi, buah naga, manggis, rambutan, kelapa, coklat dan berbagai komoditas unggulan lainnya seperti produk kulit, mutiara, karet, ikan tuna, obat herbal dan kerajian tangan.

Selain itu, promosi juga akan diperkaya oleh berbagai desain Batik Indonesia. Ia berharap dengan adanya promosi tersebut, akan semakin mendekatkan masyarakat Italia akan berbagai produk unggulan dan keindahan pariwisata di Indonesia. 

Khusus untuk promosi pariwisata Indonesia, gambar yang akan ditampilkan adalah Candi Borobudur, Pulau Komodo, Bunaken, Danau Toba, Rinjani dan Wakatobi.

Hal ini diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah turis Italia yang berkunjung ke Indonesia yang berdasarkan data statistik terus mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir walaupun sebenarnya Italia masih dalam tahap pemulihan ekonomi. 

Promosi Indonesia untuk tahap awal ini fokus pada satu bus dan satu trem di kota Milan terlebih dahulu. Namun jalur yang dipilih adalah jalur strategis dimana akan melewati salah satu pusat wisata paling penting dan terkenal di kota Milan yaitu Duomo Milano.

Diperkirakan hal ini akan mengundang perhatian ribuan turis dan pebisnis yang melewati Duomo Milano setiap harinya. Hal ini ditambah dengan promosi Indonesia yang juga dipasang pada stasiun kereta api bawah tanah Italia yaitu stasiun Duomo Milano jalur M1, dimana akan memberikan keleluasaan bagi setiap penumpang kereta api untuk menikmati berbagai promosi Indonesia sebelum melanjutkan perjalanan mereka menuju tempat wisata di kota Milan lainnya. (p/ab)