Bukit Patrum Klaten Spot Baru Desa Wisata

By Admin

nusakini.com--Upaya percepatan pembangunan di kawasan perdesaan memunculkan berbagai inovasi menarik dari warga desa. Salah satunya kian menjamurnya spot-spot baru objek wisata di berbagai pelosok desa. 

Spot baru objek wisata berbasis desa adalah Bukit Patrum di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Di kawasan bekas tambang ini warga desa setempat menawarkan berbagai pilihan wahana menarik seperti naik turun tebing kapur (rappling) dan Photorium Bukit Patrum yakni tempat berswafoto/selfie di area ketinggian. 

"Kami berharap, obyek wisata ini dapat dikelola dengan baik agar kedepan bisa turut meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitar," kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat meresmikan Bukit Patrum di Desa Krakitan sebagai Objek wisata di Klaten akhir pekan lalu.

Bukit Patrum sendiri bagai masyarakat Klaten dan sekitarnya mempunyai sejarah panjang. Di masa kolonial kawasan ini merupakan area pertahanan pasukan Belanda. Tak heran di lokasi yang berada di ketinggian tersebut terdapat gudang senjata pasukan kolonial. Gudang tersebut banyak menyimpan bahan peledak atau dinamit yang orang sekitar menyebutnya patrum, sehingga bangunan itu disebut Gedhong Patrum. Saat ini bangunan tersebut masih tegak berdiri di salah satu puncak bukit. 

Menteri Eko mengatakan penetapan Bukit Patrum sebagai spot baru wisata di kawasan Klaten merupakan terobosan menarik. Menurutnya kawasan wisata tersebut bisa dikelola sebagai salah satu produk unggulan kawasan perdesaan. Akan lebih baik jika pengelolaan kawasan wisata tersebut dilakukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masyarakat setempat. 

“Kami berharap kawasan wisata ini bisa berkembang, banyak pengunjung sehingga memberikan kontribusi ekonomi bagi warga desa,” katanya.(p/ab)