Buka Investasi Startup, Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

By Admin

Foto/dok. Kominfo  

nusakini.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah saat ini tengah fokus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya mendorong investasi di sektor Kominfo. "Investasi salah satu yang menurut kami yang kebetulan sektornya di Kominfo adalah startup ini," katanya dalam Persiapan menyambut Indonesia Investment Forum di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat ( 21/07/2017).

Menurut Menteri Rudiantara ada tiga kunci peningkatan investasi start up di Indonesia. "Kita harus buat, kita harus kerjasama. Kunci sukses ada tiga yaitu mau, mampu, dan kesempatan. Buatkan projection dari bussiness plan-nya, dari financial plan-nya" katanya.

Secara umum, Menteri Kominfo menjelaskan pertumbuhan ekonomi suatu negara akan didorong oleh beberapa faktor antara lain consumer spending, government spending, ekspor, dan investasi. Selanjutnya, Menteri Rudiantara menjelaskan masing-masing faktor tersebut. "Kesatu, consumer spending. Makro ekonomi kita bagus tapi yang miskin kualitasnya tambah miskin. Ini peluang startup bagaimana caranya menipiskan atau mempersempit gap antara yang miskin dengan yang tidak miskin," jelasnya.

Lebih lanjut Menteri Kominfo menyebut faktor kedua government spending yang dilakukakn melalui APBN. "Government spending itu tergantung kementerian atau lembaga untuk membelanjakannya. Kementerian harus didorong terus penyerapannya agar anggaran penyerapannya tinggi, agar perekonomian bergerak di masyarakat," katanya.

Hal ketiga, menurut Menteri Rudiantara adalah mengenai ekspor. "Yang ketiga ekspor. Ekspor secara global daya serap di pasar tradisional sudah pasti menurun karena perekonomian di negara sana yang pasar tradisional Indonesia pertumbuhannya tidak sebagus dengan di Indonesia" kata Rudiantara.

Meskipun demikian, Menteri Kominfo menekankan, saat ini pertumbuhan negara Indonesia tergolong bagus. "Indonesia dengan lima persen, itu salah satu yang bagus di dunia pertumbuhannya, bahkan di negara G20 kita nomor tiga pertumbuhannya," tambahnya.

Hal yang keempat, menurut Menteri Rudiantara adalah investasi yang harus digenjot, harus terbuka. "Jadi kita harapkan ada investasi. Investasinya yang paling bagus ke sektor riil, bangun pabrik, dan sebagainya tapi yang kita juga harapkan masuk ke teman-teman ke sektor startup karena ini akan menggerakan ekonomi karena kalau mereka invest, pasti teman-teman belanjakan lagi apa itu develop aplikasinya, engineer, buat coder, kan itu dibayar, promosi, itu kan spending. Jadi sebetulnya dipikirkan investasi agar spending lebih banyak ke masyarakat," imbaunya. (p/ma)