Budaya dan Pariwisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela

By Admin

nusakini.com--KBRI Caracas berinisiatif melakukan promosi budaya dan pariwisata pada sarana transportasi kereta Metro. Bertempat di Stasiun Propatria, Caracas, Venezuela, acara peluncuran promosi secara resmi dilaksanakan pekan lalu oleh Duta Besar RI Caracas, Mochammad Luthfie Witto'eng, disaksikan Wakil Menteri Pariwisata Venezuela, Ali Ernesto Padron Paredes, Presiden Metro Caracas, Mayor Jenderal Cesar Vega, pejabat pemerintah Venezuela, korps diplomatik, dan diliput oleh media televisi dan cetak nasional. 

Lebih dari 2 juta penumpang menggunakan sarana transportasi kereta bawah tanah Metro Caracas di Venezuela setiap harinya. Metro Caracas yang beroperasi sejak tahun 1983 memiliki 4 Línea (jalur) yang menghubungkan berbagai wilayah di kota Caracas. Jalur terbesar dan tersibuk dimiliki oleh Línea 1 yang memiliki 22 stasiun, menghubungkan wilayah barat dan timur Caracas. Línea 1 sendiri diperkirakan mengangkut lebih dari satu juta penumpang per harinya. 

Dalam pidatonya, Dubes Luthfie menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan promosi yaitu untuk mengenalkan ragam budaya dan tempat pariwisata Indonesia kepada masyarakat Venezuela, khususnya di kota Caracas. Di samping itu, promosi ini juga diharapkan mampu menarik minat wisatawan asal Venezuela untuk berkunjung ke Indonesia. 

Wamen Pariwisata Venezuela dan Presiden Metro Caracas dalam sambutannya sepakat bahwa ada banyak potensi kerjasama yang dapat dikembangkan oleh kedua negara di bidang budaya dan pariwisata. Hal ini tidak terlepas dari adanya kesamaan multikultural yang dimiliki oleh Indonesia dan Venezuela. 

Presiden Metro Caracas lebih lanjut menyatakan bahwa Metro Caracas merasa bangga dapat memberikan ruang promosi budaya dan pariwisata Indonesia. Dirinya juga berharap kegiatan promosi ini dapat lebih meningkatkan hubungan kedua negara. 

Promosi pada sarana transportasi kereta semacam ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh KBRI Caracas. Pada tahun 2016 dan 2017, KBRI Caracas juga melakukan promosi yang sama, namun pada sarana transportasi bus. 

Promosi menampilkan gambar-gambar kebudayaan dan tempat wisata Indonesia seperti tari Bali, candi Borobudur, Candi Prambanan, Pulau Komodo, Taman Laut Bunaken dan lainnya. Promosi yang ditempatkan pada 4 sisi gerbong kereta akan menghiasi kereta bawah tanah Venezuela selama 3 bulan ke depan. 

Metro Caracas juga mencatat bahwa bentuk promosi budaya dan pariwisata pada kereta Metro baru pertama ini dilakukan oleh perwakilan asing di Venezuela.(p/ab)