BSN Targetkan 10 Pasar Tradisional Sesuai SNI Tahun Ini

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya menargetkan penerapan pasar tradisional sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) di sepuluh daerah pada tahun ini. Diantaranya pada wilayah Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Menurut Bambang, sejauh ini, sudah ada tiga pasar yang sesuai SNI yakni Pasar Cibubur, Pasar Manggis, dan Pasar Pondok Indah yang diekspose pada 2015."Saat ini penerapannya sedang berjalan dan sedang didata," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Bambang mengakui menemui kendala saat menerapkan pasar sesuai SNI yakni merubah mindset pasar tradisional yang kaku mulai dari tata letak dan bangunan fisik. Perubahan tersebut membutuhkan proses yang tidak sebentar, sebab selain dibangun secara fisik pengelolaan dan manajemen pasar rakyat juga harus disesuaikan.

Bambang menambahkan, BSN memiliki keterbatasan dana untuk menerapkan SNI pada pasar rakyat. Sebab, sebagian besar dana dialihkan untuk pembangunan infrastruktur. Padahal untuk melakukan pendampingan perbaikan pengelolaan terhadap satu pasar dibutuhkan dana sekitar Rp 80 juta. Sedangkan, pembangunan fisik pasar berbeda-beda sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. (ab)