nusakini.com - Jakarta - Dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (14/3/2016) lalu, Dirut BRI Asmawi Syam mengatakan, PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk telah merealisasikan pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 16,7 triliun hingga 8 Maret 2016 atau 24,7 persen dari target KUR perseroan pada tahun ini sebesar Rp 61 triliun.

Dengan pencapaian penyaluran KUR tersebut, emiten didua bulan pertama 2016 telah sebanyak 770.315 debitur. Di periode yang sama, Asmawi memaparkan, realisasi KUR dari bank lain baru mencapai Rp 3,8 triliun dengan 56.292 debitur.

Asmawi mengatakan akselerasi penyaluran KUR pada awal tahun ini berkat perluasan distribusi KUR dan optimalisasi tenaga agen. Misalnya, perseroan mengerahkan tenaga agen dari kalangan pedagang pasar di daerah agar nasabah tidak terkendala harus bertransaksi langsung ke kantor cabang bank. Agen BRILink perseroan hingga saat ini mencapai 50.500 agen.

Lanjut Asmawi, adapun kelebihan dari pelayan pemasaran dari agen tersebut, karena mereka tutup jam 12 malam sedangkan kantor kantor BRI tutup jam 5 sore. Selanjutnya faktor lain yang mempengaruhi pencapaian KUR adalah layanan kredit Teras BRI. BRI 611 Teras Keliling BRI dan 1 Teras Kapal BRI dan dalam waktu dekat perseroan juga akan mengoperasikan satelit untuk meningkatka kualitas teknologi informasi, termasuk untuk sarana dan prasarana penyaluran KUR.(if/mk)