nusakini.com-- Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) melengserkan Carlos Dunga dari jabatan pelatih tim nasional pada Selasa (14/6). Keputusan itu dibuat setelah Brasil gagal lolos dari fase grup Copa America 2016. Brasil hanya menempati urutan ketiga Grup B setelah takluk 0-1 dari Peru pada Selasa (14/6)WIB. Kegagalan lolos tersebut merupakan catatan terburuk Brasil sejak era Copa America berlangsung pada 1993. 

"CBF mengumumkan manajer tim Gilmar Rinaldi, pelatih Dunga, beserta staf pelatihnya dibebastugaskan dari jabatan pada Selasa sore," sebut pernyataan resmi CBF.

"Keputusan diambil setelah melakukan rapat pada Selasa sore. Sekarang, CBF akan mulai mencari pelatih baru untuk tim nasional," lanjut CBF. 

Sebelumnya, Dunga didapuk sebagai pelatih setelah Piala Dunia 2014. Ini merupakan kali kedua Dunga menangani Selecao setelah sempat membesut pada periode 2006-2010. 

Pada periode kepelatihan kedua ini, Dunga belum memberikan satu gelar juara, karena Brasil hanya mengikuti ajang Copa America. Adapun saat melatih Selecao pada kesempatan pertama, Dunga berhasil mempersembahkan trofi Copa America 2007, Piala Konfederasi 2009, dan medali perunggu Olimpiade Beijing 2008. (b/ab)