Brainstorming Pembentukan Asosiasi Bisnis Indonesia-Kamboja

By Admin

nusakini.com-- “I really support the establishment of business club between Indonesia and Cambodia counterpart, for us to know each other and to share/exchange information about Indonesian products".

Demikian disampaikan oleh salah satu perwakilan dari distributor produk Indonesia di Kamboja dalam pertemuan brainstorming pertama mengenai rencana pembentukan asosiasi bisnis Indonesia-Kamboja yang difasilitasi oleh KBRI Phnom Penh pekan lalu.

Diskusi informal tersebut dihadiri perwakilan dari Kalbe, DEXA, Indo Global Success, Mekong NE, Intermedica, Salak KAK Trading, Theana (Cambodia), Kim Gan Enterprise, Cyspharma, Goodhill Enterprise, dan World POP Travel Agent. 

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah business inquiries dan volume perdagangan bilateral Indonesia-Kamboja, dimana dalam periode 5 tahun terakhir meningkat rata-rata 11,3%, dipandang perlu dibentuk sebuah wadah bagi penguatan kerja sama, berbagi informasi dan jejaring bisnis antar pengusaha kedua negara.

Terbentuknya wadah bisnis kedua negara diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kerja sama perdagangan dan volume perdagangan kedua negara. 

​Setelah melalui pembahasan dengan peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut, disepakati untuk sementara nama yang akan digunakan adalah Indonesia-Cambodia Business Club.

Hal tersebut mempertimbangkan bahwa sebagai langkah awal, pembentukan wadah bisnis pengusaha kedua negara dibuat lebih fleksibel dan informal untuk selanjutnya dalam jangka menengah diharapkan akan terbentuk asosiasi yang lebih formal dan memiliki dasar hukum yang jelas.

Selanjutnya, peserta brainstorming menyepakati perlunya dibentuk jalur komunikasi bersama untuk mempermudah koordinasi, sharing informasi dan memperkuat jejaring. (p/ab)