BPPT-Karlsruhe Institut Fur Technologie Jalin Kerjasama Riset dan Pendidikan

By Admin

Foto: Humas BPPT  

nusakini.com - Kita berharap acara Focus Group Discussion (FGD) ini menjadi titik awal agar bisa meningkatkan kerjasama khususnya dengan Karlsruhe Institut Fur Technologie, demikian kata Sekretaris Utama BPPT Soni Solistia Wirawan saat memberikan sambutan pada acara FGD dengan tema “Menjajagi Kerjasama Bilateral Indonsia – Jerman Melalui Pembangunan Kerjasama Riset dan Pendidikan Antara BPPT dengan Karlsruhe Institut Fur Technologie” di BPPT. (23/01/2017) lalu

Seperti kita ketahui BPPT sebagai lembaga riset dibawah koordinasi Kemenristek Dikti. BPPT lebih banyak ke Engginering Operation, keluaran yang BPPT hasilkan adalah inovasinya, jelas Soni. Dengan hadirnya Karlsruhe Institut Fur Technologie menurut Soni, kita bisa menambah wawasan dan membuka pintu kerjasama. Saya juga berharap kerjasama dengan Jerman ini dapat diperluas lagi dengan teknologi yang ada di Jerman.

Sementara itu Diks Pasande dari Karlsruhe Institut Fur Technologie mengatakan, kedepan tugas teknologi adalah mempersiapkan sumberdaya alam yang sebegitu rupa sehingga cukup bagi kebutuhan umat manusia.

Dics menjelaskan pentingnya suatu riset, banyak sebenarnya kemungkinan-kemungkinan yang kita lakukan selain penelitian juga bisa melalui pendidikan. “Hal yang juga bisa kita kerjasamakan ialah seperti penelitian bersama seperti joint program”, jelas Diks. Dibidang penelitian yang paling menarik adalah kedepannya selain penelitian bidang informatika juga penelitian di bidang perubahan iklim dan isu-isu sekitar perubahan iklim, ungkap Diks.

Sebenarnya Indonesia menurut Diks, punya hubungan yang sangat baik karena beberapa lembaga pendidikan di Indonesia sudah melakukan kerjasama khusus seperti ITB, UGM, ITS dan beberapa universitas yang lain punya hubungan kemitraan dengan Karlshure Institute of Technologie. “Jika teman-teman di BPPT punya keinginan saya akan menjembatani”, tutup Diks.

Pada acara tersebut juga dilakukan diskusi dan tanya jawab yang dihadiri oleh kepala unit kerja di BPPT. (p/mk)